Kalimantan di Taman Nasional Tanjung Puting

Diposkan oleh vera Dika on Thursday, November 15, 2012

Lucunya ...

Tanjung Puting berada di Kalimantan Tengah. Kawasan itu awalnya dinyatakan sebagai cagar alam di tahun 1935 dan menjadi taman nasional pada tahun 1982. Taman ini berada di semenanajung luar laut Jawa. Dari ukuran taman mengartikan bahwa hutan ini memiliki zona habitat yang beragam. Keragaman ini mengartikan taman adalah rumah bagi sejumlah besar makhluk hidup, baik flora dan fauna.

Lingkungan hutan yang menakjubkan membuat tempat luar biasa ini harus dikunjungi jika anda penyuka petualangan di alam terbuka. Hutan ini merupakan sumber air yang jernih, sejernih langit malam dan juga rumah bagi makhluk hutan yaitu orang utan.

Orangutan tidak diragukan lagi menjadi penghuni yang paling di kenal di hutan. Terkenal melalui penelitian orangutan dan program konservasi di pusat penelitian Camp Leakey. Camp Leakey adalah tempat penagkaran Orangutan dan lokasi studi berkelanjutan terpanjang dari setiap binatang liar dalam sejarah ilmu pengetahuan. Dengan sekitar tiga perempat populasi orang utan di dunia yang hidup di Kalimantan, taman ini adalah tempat yang ideal untuk melihat orang utan yang luar biasa ini di alam liar.

Karena tanaman di Tanjung Puting menunjang populasi hewan yang banyak, taman ini menjadi salah satu tempat terpenting di Asia Tenggara untuk pelestarian hewan primata, burung, reptil dan ikan.

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan lokasi pertama di Indonesia sebagai pusat rehabilitasi orangutan.

Terdapat 3 (tiga) buah lokasi untuk rehabilitasi orangutan yaitu :
  1.  Tanjung Harapan.
  2.  Pondok Tanggui.
  3. Camp Leakey.

Galeri Foto:
Hutan rimbun khas Kalimantan (Fxmuchtar D Traveler/dTraveler)



Sumber:
http://indonesia.travel
http://travel.detik.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment