Pulau Aceh

Diposkan oleh vera Dika on Monday, November 12, 2012

A. Pulau Tsunami (Tsunami Island)


Tsunami Island adalah salah satu pulau baru yg terjadi pada saat tsunami di Kabupaten Aceh Jaya, thn 2004 yg lalu, sebelumnya pulau ini merupakan bagian dari Pulau Keuleuang yang terdapat di desa Keuleuang Kecamatan Jaya. Lokasi ini cocok untuk rekreasi memancing ataupun snorkling.

Asal mula dari Pulau Tsunami Aceh dikarenakan akibat gempa bumi dan gelombang tsunami tahun 2004 menyimpan banyak misteri tentang batu-batuan dasar laut bawaan gelombang tsunami yang terdampar di sini. Sebelumnya pulau ini merupakan bagian dari Pulau Keuleuang yang terdapat di desa Keuleuang, kecamatan Jaya. Lokasi ini cocok untuk rekreasi memancing ataupun snorkling.
Pulau yg indah ini terjadi akibat Tsunami tahun 2004 yang lalu.  Lokasi : Desa Keuleuang, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya. Kabupaten/Kota : Kabupaten Aceh Jaya     


B. Pulau Benggala 


Pulau Benggala adalah salah satu pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia dan berbatasan dengan negara India. Pulau ini merupakan daratan yang terletak paling barat dalam wilayah Indonesia, dan termasuk dalam wilayah administrasi Provinsi Aceh. Secara administrasi, Pulau Benggala termasuk dalam jurisdiksi wilayah pemerintahan Kabupaten Aceh Besar, provinsi Aceh. Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pulau Breueh dengan koordinat 5° 47′ 34″ LU, 94° 58′ 21″ BT. Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini merupakan titik darat perbatasan sebelah barat dari Republik Indonesia.

Dengan luas sekitar 4 hektar, pulau kecil ini membentuk hutan mini di tengah laut. Flora dan faunanya unik, tipikal hutan hujan mini. Titik tertinggi dari pulau ini adalah 14 meter di atas permukaan laut. Terumbu karang yang unik terbentuk di sekitar pulau ini. Karena itu pulau kecil ini sangat layak dikembangkan untuk wisata lingkungan (eco-tourism).

sumber: http://id.wikipedia.org

C. Pulau Teunom

Pulau Teunom adalah sebuah pulau di Aceh, Sumatera. Tempat terdekat ke Pulau Teunom adalah Teunom (600 meter barat laut), Ujung Kerumbu (2 km sebelah barat daya), Ujung Serapong (2 km sebelah barat laut), Ujung Tuandi Kala (3 km barat laut), dan Pulau Geupon (3 km sebelah selatan).

sumber: http://www.panoramio.com

D. Pulau Nasi 


Pulau Nasi adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur laut pulau Sumatra dan di sebelah barat laut pulau Weh. Terletak di tengah-tengah antara ujung barat pulau Sumatra dengan pulau Breueh. Di lihat berdasarkan titik koordinat, pulau ini berada di koordinat 5°37′0″LU,95°7′0″BT. Secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah kecamatan Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar.

Pulau Nasi memiliki lima desa. Di antaranya Lamting, Dedap, Rabo, Pase Janeng dan Alue Rieng. Lamting merupakan desa dengan penduduk terbanyak. Penduduk pulau Nasi kesemuanya adalah pendatang dari daratan Aceh maupun dari pulau Weh dan pulau lainnya.

Sumber: http://id.wikipedia.orghttp://id.wikipedia.org

 E. Pulau Breueh


Pulau Breueh adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat laut pulau Sumatra dan di sebelah barat laut pulau Weh. Di lihat berdasarkan titik koordinat, pulau ini berada di koordinat 5°42′0″LU,95°4′0″BT.

Secara administratif pulau ini termasuk dalam wilayah kecamatan Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Dan di pulau Breueh inilah ibukota kecamatan Pulau Aceh yaitu kota Lampuyang berada.

Sumber: http://id.wikipedia.orghttp://id.wikipedia.org

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment