Goa Selarong

Diposkan oleh Unknown on Thursday, January 31, 2013

 
Goa Selarong merupakan sebuah goa yang terletak di Kabupaten Bantul. Tepatnya di Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Disini kita dapat menyaksikan sisa-sisa jejak peninggalan markas gerilya Pangeran Diponegoro saat melawan penjajahan Belanda. Dari atas bukit ini, kita dapat melihat pemandangan yang indah dan sejuk.
Nama Goa Selarong di daerah Bantul, Yogyakarta, tidak bisa dipisahkan dengan terjadinya Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825 – 1830). Sebuah perang panjang yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro melawan pemerintah kolonial Belanda. Goa Selarong menjadi markas Pangeran Diponegoro dan pasukannya pada awal masa perang, setelah sang pangeran menyingkir dari kediamannya diikuti para pengikutnya, menyusul penyerbuan pasukan Belanda ke rumah tempat tinggalnya dan kemudian membakarnya tak bersisa.

Goa Selarong yang bersejarah itu saya kunjungi beberapa saat selepas meninggalkan Situs Arca Nandi yang berada di Dusun Mangir, dengan menyusur jalan arah ke Timur Laut sejauh 8,4 km. Jika dari Yogyakarta, jarak ke Goa Selarong ini sekitar 15,6 km, arah ke Barat Daya.
Selain gua, Anda juga bisa mengunjungi sebuah sumber air yang bernama Sendang Manik Maya. Untuk menuju sendang ini, Anda harus melewati jembatan kecil di atas kali kering yang merupakan tempat mengalirnya limpahan air terjun di saat hujan. Selain itu Anda juga harus berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 100 meter untuk sampai ke sendang. Sendang ini diyakini sebagai sumber mata air abadi yang dahulu digunakan oleh rombongan Pangeran Diponegoro untuk mandi dan bersuci. Tidak jauh dari Sendang Manik Maya, terdapat sebuah sumber mata air lainnya yang dikenal dengan nama Sendang Umbul Mulya. Sendang ini merupakan mata air untuk memasak dan mencuci.


Gua Selarong juga dikenal sebagai obyek wisata religius. Para pelaku wisata religius biasanya melakukan ritual meditasi di Gua Selarong. Selain itu Gua Selarong juga menjadi tempat wisata budaya. Setiap satu tahun sekali di bulan Juli di Gua Selarong diadakan acara Grebeg Gua Selarong untuk mengenang waktu hijrahnya Pangeran Diponegoro ke Gua Selarong sekaligus sebagai peringatan hari jadi Kabupaten Bantul.

Lokasi

Gua Selarong terletak di Dusun Kembang Putihan, Desa Guwosari Kecamatan Pajangan, Bantul, sekitar 14 km arah selatan Kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, Anda sebaiknya berpatokan pada perempatan dongkelan (jalan lingkar selatan (ring road selatan) - jl Bantul). Pilihlah jalan ke arah selatan hingga sekitar 2 km Anda akan  menemukan gerbang desa wisata Kasongan. Masuklah ke arah barat melewati gerbang tersebut hingga 3-4 km sampai di perempatan Guwosari/ Pajangan.

Goa Selarong - Yogyakarta
Informasi :
Jam buka : Pukul 08.00-16.00
Tarif Masuk : Rp 1.000,-
Transportasi :
Dari kota Yogyakarta kita menuju kawasan Pajangan Bantul, sekitar 14 km arah selatan Yogyakarta.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment