Keindahan Agrowisata Kaligua Kebun Teh di Brebes

Diposkan oleh kaka dika on Wednesday, February 27, 2013


Perkebunan teh Kaligua merupakan kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak Kaligua di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian Selatan. Wisata agro Kaligua dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk.

Kali goa terletak antara 15 kilometer dari bumiayu atau 10 kilometer dari Paguyangan. Untuk mencapainya bisa melalui jalur utama cirebon bumiayu kali goa atau dari selatan purwokerto bumiayu kaligua. Saat ini jalan jalan di Kali gua sudah cukup bagus karena sudah di aspal tak seperti sebelumnya yang masih bebatuan sehingga untuk mencapai lokawisata kali gua semakin mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil.

Wisata Kali gua terletak di ketinggian 1200 sampai 2000 m diatas permukaan laut. Suhu di tempat ini berkisar 4 sampai 12 derajat celcius saat hujan atau saat normal antara 8 hingga 22 derajat celcius. Hampir setiap saat kali gua selalu diselimuti kabut.

Pintu Masuk Kaligoa

Rekreasi di Kali GuaUdara bersih serta pemandangan yang sungguh indah dapat kita lihat di kali gua. Di sini kita juga bisa menikmati keindahan panorama puncak gunung selamet gunung tertinggi ke dua dipulau jawa. Selain itu di tempat tempat menarik di kali gua yang dapat kita temui adalah gua jepang, tuk benih ( sumber mata air ), gua angin, dan tentunya kebun teh yang indah terbentang luas. Fasilitas di kali gua juga cukup baik mulai dari penginapan, wisma, area camping, Out bound, tempat olah raga dan banyak lagi.

Selain itu di kali gua juga terdapat kolam ikan yang dianggap keramat dimana kolam tersebut dipenuhi dengan ikan lele. Kolam tersebut dikenal dengan telaga renjeng oleh warga sekitar. Konon tak ada yang berani menangkap ikan lele di telaga renjeng. Telaga Renjeng ini terletak di tengah hutan lindung dekat lokawisata kebun teh kali gua.

Jika anda berniat liburan, kali gua bisa menjadi pilihan anda berlibur bersama keluarga. Jalan jalan berekreasi menyusuri kebun teh bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang sungguh mempesona bahkan bisa dikatakan lebih indah dari lokawisata puncak bogor yang ada di jawa barat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment