Museum Gunungapi Batur

Diposkan oleh kaka dika on Sunday, February 10, 2013

Lava Gunung Batur
Museum Gunung api Batur terletak di sebelah timur kawasan wisata Kintamani, Kabupaten Bangli – Bali. Untuk menuju museum ini dapat ditempuh 1,5 – 2 jam berkendara dari arah Denpasar. Lokasinya yang dipojok membuat museum ini belum banyak dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Kintamani. Disini anda akan menyaksikan dari dekat berbagai hal yang berkaitan dengan gunung berapi, khusunya Gunung berapi Batur seperti : Bongkahan Lava dari tahun-tahun terjadinya letusan Gunung Batur, Miniatur Gunung Batur, berbagai peralatan monitoring masa lampu yang sebagian besar buatan German, dan lain sebagainya. Untuk masuk museum ini tidak dikenakan biaya masuk atau gratis, selamat berkunjung.

Di lantai pertama, anda akan menemukan diorama besar yang menunjukkan hubungan antar gunung berapi di seluruh dunia. Diorama ini dikontrol mempergunakan tombol-tombol yang berisi nama-nama gunung berapi. Ketikan anda menekan tombol tertentu, lokasi gunung berapi yang bersangkutan akan menyala di peta. Ada juga beberapa tombol yang bisa menunjukkan kategori gunung berapi. Jadi ketika anda menekan tombol ini, kategori gunung berapi tertentu akan menyala. Sayangnya, beberapa diorama menarik lainnya tidak berfungsi karena kelembaban udara yang tidak cocok untuk perlatan tersebut. Sebagai gantinya, program komputer interaktif telah disiapkan untuk menunjukkan informasi-informasi menarik seperti sejarah Gunung Batur dan gunung berapinya. Ada juga diagram tentang beberapa cara peringatan letusan baik yang moderen maupun yang tradisional di masa lampau.

Peralatan Monitoring masa lampau
Ketika anda melihat pemandangan di Penelokan, anda akan merasa takjub dengan keindahan danaunya yang luas. Di museum ini anda akan paham bahwa danau ini merupakan kaldera dari Gunung Berapi Batur yang tercipata beberapa ribu tahun yang lalu. Hal ini berarti, danau ini dulunya merupakan dasar dari gunung Batur kuno yang sangat luas. Bisa dibayangkan betapa tingginya gunung ini kala itu melihat ukuran dasarnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Museum Gunung Berapi Batur ini juga memamerkan beberapa material vulkanis dari Gunung Agung, Gunung Batur, dan wilayah-wilayah lainnya di Indonesia dan luar negeri.

Di lantai kedua, anda bisa mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana batu vulkanis dipahat oleh orang Bali sebagai salah satu karya seni yang membanggakan. Sebuah geopark yang menunjukkan pelestarian lingkungan dan budaya di Batur juga dipamerkan di sini. Fasilitas lainnya di lantai kedua antara lain sebuah bioskop dengan kapasitas 100 oran. Namun, jika anda ingin menonton film di dalamnya, harus ada minimal 25 orang yang menonton bersama anda. Sebuah auditorium juga tersedia di lantai kedua yang biasanya dipergunakan oleh pemerintah daerah atau perusahaan.


Lantai ketiga dikhususkan untuk stasiun monitoring dan penelitian terhadap aktivitas vulkanik dari Gunung Batur. Di lantai ini, ada juga sebuah teleskop yang dilengkapi dengan foto udara/aerial. Dengan membaca petunjuk penggunaan atau bertanya pada staf museum, pengunjung juga dapat melihat pemandangan dari Gunung Batur. Dengan mata kepala sendiri, mungkin pengunjung akan dapat melihat dengan jelas asap yang keluar dari kawah gunung, yang menandakan bahwa gunung ini masih aktif. Masyarakat lokal sadar dan paham akan kekuatan dari Gunung Batur baik dari pandangan agama maupun ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, ketika tanda-tanda letusan sudah terlihat, penduduk sekitar akan melaksanakan upacara tradisional untuk mencegahnya. Meskipun tanpa sistem peringatan moderen, penduduk tetap dapat mengetahui tanda-tanda akan adanya letusan melalui perubahan perilaku hewan serta alam sekitar. Dan museum ini menjelaskan segala fenomena tersebut secara detail. Jadi jangan lupa untuk mengunjungi Museum Gunung Berapi Batur ini minimal sekali selama berlibur di Bali.

 

Untuk bisa masuk ke museum ini, anda harus membeli tiket masuknya seharga Rp20.000 (dewasa) dan Rp 15.000 (anak-anak). Museum Gunung Api Batur memang menjadi obyek wisata pendidikan untuk para pelajar dan ilmuwan yang ingin belajar tentang geologi dan aktifitas gunung berapi, ditambah dengan cuaca yang sejuk dan pemandangan alam yang indah, museum ini bisa anda coba kunjungi pas liburan di Bali.

Location
Museum Gunung Berapi Batur
Jalan Kintamani, Penelokan, Bangli, Bali, Indonesia
Tel: +62 366 51152
Fax: +62 366 51186

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment