Air Terjun Les, Buleleng

Diposkan oleh kaka dika on Friday, March 8, 2013

Air terjun ini berada di perbukitan Yangudi dan Bukit Pungsu di Buleleng Timur dan memiliki  tiga tingkatan. Yang paling bawah berketinggian sekitar 35 meter, sedangkan air terjun yang tertinggi jarang dikunjungi orang karena medannya cukup sulit dan terjal.

Selain air terjun Gitgit di Buleleng ada juga Air Terjun Les, air terjun ini memiliki keindahan alam yang fantastik, dengan latar belakang perbukitan, menambah indahnya daya pikat objek wisata ini. Sering juga disebut Yeh Mampeh atau air terbang, karena air terjun dengan ketinggian 30 meter ini, airnya jatuh selaksa terbang sampai permukaan air yang ada di bawahnya. Lokasinya di Buleleng bagian Timur, hanya 38 km dari kota Singaraja, tepatnya di desa Les, Kec. Tejakula, kab. Buleleng. Air terjun ini berada diantara Perbukitan Tangudi dan Bukit Pungsu.

Kepuasan dan keindahan yang bisa dinikmati para pelancong akan sebanding dengan jarak yang hanya 500 meter dari lokasi parkir mobil, air yang jernih alam yang masih asri, membuat anda betah berlama-lama di sini. Disekitar air terjun terdapat mata air Toya Anakan, yang peruntukannya sebagai tempat pengambilan air suci, untuk kegiatan upacara yadanya bagi umat Hindu di Bali, karena itu warga setempat tetap menjaga kesucian dan kelestarianyya.

Mandi di bawah guyuran Air Terjun Les menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan karena bisa menghilangkan rasa lelah wisatawan setelah menempuh perjalanan panjang mencapai air terjun ini. Jika Anda tidak ingin mandi atau berbasah-basah, Anda juga bisa duduk-duduk saja di atas bebatuan di sekitar air terjun, menikmati pemandangan indah dan udara yang segar bebas polusi.

Lokasi Yeh Mempeh: Terletak 30 kilometer sebelah timur Singaraja dan sekitar empat jam dari Kuta. air terjun ini dekat dengan desa Les di pantai utara-timur Bali. Jika Anda datang dari Amed itu kira-kira jarak yang sama. Dari drive Singaraja timur sepanjang pantai utara menuju Bondalem dan Tejakula. Tentang 5 kilometer setelah Anda lulus mematikan off untuk jalan gunung di Bondalem, ada tanda yang menunjukkan air terjun di desa Les. Ini merupakan kenaikan 20 menit di sebuah jalan jelas membawa Anda ke air terjun.

Alamat:

Terletak di Desa Les, Kecamatan Tejakula,Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.

Foto Lainya:





{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment