Benteng Pendem - Cilacap, Jawa Tengah

Diposkan oleh kaka dika on Saturday, March 9, 2013



Benteng Pendem Cilacap (Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap), dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Telukpenyu, Cilacap, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 – 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986

Benteng Pendem ini merupakan markas pertahanan tentara Hindia-Belanda yang dibangun secara bertahap pada tahun 1861-1879, Bangunan Benteng Pendem memiliki konfigurasi yang masih kokoh, dengan dikelilingi parit, mempunyai 60 kamar/ barak, benteng pengintai, gudang senjata, terowongan, ruang penjara, ruang rapat, ruang amunisi, ruang tembak dan 13 tempat-tempat penting untuk pertahanan yang dikelilingi oleh pagar dan parit serta tertimbun tanah sedalam 1-3 meter.

 Obyek wisata benteng pendem merupakan salah satu dari beberapa tempat yang menjadi andalan pariwisata pemerintah kota cilacap, dahulu bangunan ini berada pada sepetak lahan dengan luas lebih dari 10 hektar namun setelah pertamina membangun sebagian pengolahan minyak mereka disana, kawasan benteng pendem hanya tersisa 6 hektar saja, dan jika wisatawan menuju lokasi benteng akan terlihat dari jauh berupa gunudukan tanah dengan bentuk memanjang, untuk memasuki kawasan lokasi benteng sudah sangat baik dengan penataan taman dan rindang dengan pohon pohon besar yang berada di seputaran benteng, benteng ini sendiri terbagi dalam beberapa ruang, dan sebagian ruangan cukup mendebarkan jika anda menelusurinya karena belum tersedia penerangan yang memadai.

Barak Prajurit

Menyusur jalan setapak ke sebelah kiri dari pintu gerbang utama, terdapat terowongan sepanjang 50 m yang dibangun tahun 1869. Fungsinya sebagai tempat pengiriman senjata dan penyelamatan tentara Belanda melalui bawah tanah menuju laut. Lubang sniper dibangun pada tahun 1873. Di dalam terowongan terdapat ruang penjara untuk mengeksekusi tahanan dengan menggunakan senjata laras pendek. Ruang tersebut berukuran 1,5 x 2,5 m. Sayangnya karena tidak membawa senter kami tidak bisa menyusuri terowongan.

Obyek wisata ini dilengkapi pula dengan beberapa fasilitas seperti : Tempat istirahat, Gazebo, Ayunan, Kolam Pemancingan dan sejumlah patung dinosaurus. Dari atas Benteng Pendem tampak jelas Pulau Nusakambangan.

Kini Benteng Pendem yang bersebelahan obyek wisata Teluk Penyu menjadi obyek wisata andalan di Kabupaten Cilacap. Di lokasi tersebut diperkirakan masih terdapat bangunan lain yang masih tertimbun. Dari Benteng Pendem itu pula terdapat terowongan yang konon berhubungan dengan gua-gua yang ada di Pulau Nusakambangan.

Foto Lainya:

Angka tahun pada haxo casemate

Ruangan di dalam barak prajurit
 
Sumur di dalam benteng


Ruang Penjara




{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment