Aceh Darussalam

Diposkan oleh vera Dika on Sunday, November 11, 2012

Pasar Aceh yang memiliki sejarah panjang bersama lahirnya Kota Banda Aceh itu rusak parah akibat tsunami sehingga ribuan pedagang sempat berpindah-pindaj lokasi dagang. Dengan pembangunan kembali Pasar Aceh, diharapkan sekitar 1,300 pedagang dapat ditampung di pasar yang rencananya akan dilengkapi basement dan lahan parker.

Wisatawan yang ingin belanja oleh-oleh untuk dibawa pulang bisa singgah di Desa Lampisan, sekitar 8 kilometer dari pusat kota ke arah Pantai Barat. Ini adalah pusat jajanan yang menjual berbagai camilan tradisional Aceh, seperti dodol, kue kara, kue sepet, dan pisang sale. Harga camilan relatif terjangkau, sehingga pengunjung bisa mendapat beragam oleh-oleh tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

A. HERMES PALACE MALL


Hampir setahun sudah masyarakat Banda Aceh memiliki tempat belanja dan bermain modern pertama yaitu Hermes Palace Mall. Di tahap awal pembukaan, Hermes Palace Mall hanya menyediakan fasilitas wahana anak "Hermes Happy Land. Hermes Happy Land berada di lantai II Hermes Palace Mall dengan luas area 2.000 meter persegi. Wahana permainan anak ini dilengkapi dengan berbagai permainan baru, salah satunya wahana simulator 4 dimensi MaxRider. Juga ada wahana permainan 1.000 bola dan 32 permainan di game zones dengan 25 jenis mainan berbeda. Bisa jadi wahana MaxRider 4 Dimensi merupakan yang pertama di Indonesia.

B. Pasar Lambaro

 
Nuansa pasar yang masih tradisional merupakan salah satu keistimewaan Pasar Lambaro. Hal tersebut dapat disaksikan di kedai-kedai makanan yang banyak menjual masakan khas Aceh dengan aroma dan rasa yang sangat enak. Di antara masakan khas Aceh yang dapat dinikmati oleh pengunjung di antaranya adalah gule pliek u (sayuran terkenal Aceh dengan 44 jenis bumbu), kari kambing, kari ayam, ayam tangkap, gule kepiting, gule ikan hiu, gule kepala ikan, dan sate matang. Masakan ini umumnya dijual pada siang hari. Pada pagi hari, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati secangkir kopi dan menyantap hidangan kue ketan bakar, sedangkan pada sore dan malam hari, ada beberapa tempat yang berada tidak jauh dari jalan utama pasar yang dapat dikunjungi untuk membeli berbagai macam gorengan, seperti pisang goreng, ubi goreng, dan berbagai hidangan lainnya.

Lokasi

Pasar Lambaro berada di Desa Lambaro, Kecamatan Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Indonesia.

*referensi :     
http://wisatamelayu.com/
http://aceh.tribunnews.com/



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment