Pantai Kepulauan Riau

Diposkan oleh vera Dika on Thursday, November 1, 2012


A.Pantai Batu berdaun


Pantai Batu berdaun terletak didesa batu berdaun yang berjarak 8 Km dari dabo . pantai yang membentang menghadap kearah tenggara memiliki butiran pasir yang halus dan berwarna putih dan di tumbuhi berbagai macam flora diantaranya Cemara anggin yang sering disebut penduduk ‘pokok Ru’, Kelapa,pandan pantai,dan Leban pantai. Nama batu berdaun sendiri diberikan karena dipantai ini terdapat sebuah batu yang ditumbuhi pohon yang bagi para penggemar Bonsai dinamakan saike,entah sudah berapa tahun usia pasti pohon yang tumbuh diatas batu itu, pada mulanya pohon yang tumbuh di batu tersebut adalah pohon leban pantai, namun kini pohon cemara anginpun tumbuh di batu tersebut.

Itulah mungkin kenapa pantai ini di namakan pantai batu berdaun yakni batu yang terdapat daun atau ditumbuhi pohon. suasana yang begitu asri dan indah membuat pantai ini menjadi bagian tempat vaforit bagi keluarga yang mengisi liburan untuk bersantai bersama keluarga dan bagi pelajar atau pemuda di singkep pantai ini juga menjadi pilihan untuk dijadikan tempat camping, apalagi saat perayaan tahun baru boleh dikatakan dipantai inilah pusatnya perayaan pergantian tahun itu untuk masyarakat singkep.

Objek wisata yang satu ini memiliki sedikit keunikan, sama seperi namanya di daerah ini kita akan manjumpai sebuah batu yang ditum buhi pohon. Nama Batu berdaun ini sendiri diambil dari batu dan pohon tersebut. Objek wisata ini juga cukup indah karena ini merupakan objek wisata pantai dan sangat di gemari oleh masyarakat kota Dabo Singkep, namun sedikit disayangkan keadaan objek wisata ini kurang diperhatikan oleh pemerintah setempat. Keadaan pantai ini cukup bersih dan indah, warga yang tinggal di daerah ini juga sebagian juga berpencaharian sebagai nelayan dan ada juga yang bekerja mangumpulkan batu-batu yang ada di pantai.
Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi oleh warga kabupaten Lingga khususnya kecamatan Singkep. Keunikan pantai ini tidak hanya batu berdaun itu sendiri, namun pantai ini juga indah. Pasir pantainya berwarna putih yang terbentang luas antara Desa Kampung Baru dengan Desa Kebun Nyiur. Bukan hanya itu, pantai ini diapit oleh sebuah kolong (sejenis danau kecil) dengan airnya yang berwarna hijau.

Sumber: http://wisatasumatera.wordpress.com/wisata-riau/pantai-batu-berdaun/

B. Pantai Trikora

Pantai Trikora yang panjangnya sekitar 25 kilometer ini memiliki pemandangan yang indah. Di sepanjang pantainya yang berpasir putih ditumbuhi ribuan pohon kelapa dan pepohonan lainnya (bakau). Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat batu-batu besar yang menambah keindahan pantai. Batu-batu itu sering dimanfaatkan oleh pengunjung pantai untuk berjemur atau memancing.

Di beberapa bagian pantai Trikora banyak terdapat kedai-kedai penjual minuman, makanan dan pondok-pondok kecil sebagai tempat penginapan. Di depan kedai maupun pendok yang berada di bibir pantai itu tampak pulau-pulau yang beberapa diantaranya berukuran kecil dan tidak berpenghuni. Sedangkan, di tengah laut banyak terdapat kelong terbuat dari kayu dengan atap daun rumbia, yang berfungsi sebagai alat untuk menangkap ikan teri atau bilis.

Pantai Trikora sebenarnya dapat menjadi obyek wisata alternatif yang tidak kalah indahnya dibandingkan dengan Pantai Bintan Resort yang menjadi kawasan wisata berkelas internasional di Lagoi, Kecamatan Bintan Utara (sekitar 40 kilometer dari pantai Trikora). Namun karena pengelolaannya masih bersifat “tradisional”, maka pantai Trikora sampai saat ini hanya dikunjungi oleh orang-orang yang berasal dari Pulau Bintan dan sekitarnya saja.

Berlokasi di Pulau Bintan arah timur Kota Tanjungpinang. Jalan menuju ke lokasi pantai mulus beraspal. Panjang kawasan pantai, yang namanya mirip peristiwa politik jaman revolusi ini, diperkirakan 25 kilometer.  Perjalanan darat pun sudah mengungkapkan pengalaman tersendiri, penuh pesona. Di sepanjang pesisir pantai, tampak pulau-pulau kecil di kejauhan. Beberapa nelayan terlihat beraktivitas di atas sampan di tengah laut.

Pantai yang satu ini memang diakui memiliki pesona alam yang menjadi magnet bagi para wisatawan. Hamparan pasir putih, bebatuan besar, serta pepohonan nyiur yang berbaris di sepanjang bibir pantai, menyajikan panorama yang membuai hati.

Lokasinya yang agak jauh dari pusat kota, membuat pantai ini menjadi pelarian sempurna bagi Anda yang letih beradu dengan hiruk-pikuk kehidupan urban.  Pantai ini tergolong masih perawan. Jika mentari bersinar cerah pasir putih di Pantai Trikora berkilau, dan terkadang memantulkan warna-warni antara biru dan hijau, akibat pantulan sinar mentari oleh terumbu karang yang ada di sekitar pantai. Bila dilihat dari dekat, sungguh fantastis. Warga setempat menyebutnya dengan warna 'Lancang Kuning', karena mirip dengan warna di legenda cerita perahu Lancang Kuning Berlayar Malam. Jika diperhatikan seksama ada lima warna yang semburat di atas pasir putih Pantai Trikora, dapat dilihat dengan mata telanjang. Warna-warna itu antara lain bening, hijau muda, hijau agak pekat, biru muda dan biru pekat Sumber.

C. Pantai Pongkar Karimun


Pantai Pongkar adalah kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Tebing Tanjung Balai Karimun, ibu kota Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Dan sepertinya pantai ini salah satu andalan tempat wisata Karimun, karena dari list yang saya terima pantai ini termasuk di dalamnya. Pantai Pongkar sendiri termasuk pantai yang unik dengan kombinasi butiran pasir putih yang bersih dan jajaran pohon cemara yang indah.

Perjalanan menuju Pantai Pongkar sendiri memakan waktu sekitar 30 menit dari hotel di daerah pusat kota Tanjung Balai Karimun kami menginap. Dalam perjalanan karena masih gelap dan jalanan sepi, sayapun hanya bisa pesen sama pak sopir, bang hati2 pokoknya cepet sampai tempat, biar gak keduluan matahari. Kemudian ipod tancep ke kuping dan melanjutkan mimpi yang tertunda.

Beruntung, sampai Pantai Pongkar awan baru mulai memerah. Buru-buru nyiapin tripod dan beberapa perlengkapan lainnya, saya bersama ambar pun langsung ngesot di pinggir pantai setelah menemukan spot yang saya anggap menarik.

Dari Pantai Pongkar, wisatawan juga bisa mengunjungi obyek wisata air (water fall) terjun yang letaknya sekitar dua kilometer ke arah tenggara. Menuju air terjun, wisatawan bisa menikmati keindahan alam dan hutan. Apalagi letak air terjun berada di perbukitan sekitar 700 meter ketinggiannya Sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment