Media terkemuka Rusia promosikan tujuan wisata Indonesia

Diposkan oleh vera Dika on Monday, November 19, 2012

Rabu, 26 September 2012 05:54 WIB | 1827 Views

London (ANTARA News) - Sebanyak tiga wartawan dari tiga media terkemuka Rusia mengikuti Familiarization Trip (Famtrip) mengunjungi berbagai daerah tujuan wisata Indonesia sebagai langkah untuk mempromosikan budaya dan pariwisata Indonesia melalui artikel yang dipublikasikan di media Rusia.

Ketiga wartawan tersebut adalah Leonid Perskiy dari Kantor Berita Interfax, Irina Nekhoroskina dari Kantor Berita Ria Novosti dan Andrey Grechannik dari Surat Kabar Komsomolskaya Pravda, kata Sekretaris Dua KBRI Moskow, Enjay Diana kepada ANTARA London, Rabu.

Dubes Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus Djauhari Oratmangun dalam pertemuan dengan para wartawan di ruang kerjanya, menyampaikan apresiasi kepada seluruh kantor berita dan media Rusia yang mengirimkan wartawannya kegiatan Famtrip.

Dubes berharap dengan program Famtrip ini akan lebih banyak berita dan informasi mengenai daerah-daerah tujuan wisata Indonesia yang dimuat di media Rusia dan dibaca oleh calon wisatawan Rusia.

Dikatakannya program ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melihat secara langsung potensi-potensi pariwisata Indonesia.

"Melihat satu kali lebih baik daripada mendengar seribu kali," ujar Dubes Djauhari Oratmangun setelah menceritakan sekilas tentang keindahan pantai dan obyek wisata di Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Lombok yang akan dikunjungi.

Menurut Djauhari Oratmangun, selain menikmati keindahan alam dan iklim tropis di Indonesia untuk nantinya dapat disampaikan kepada pembaca di seluruh wilayah Rusia, kunjungan ini dapat dimanfaatkan pula untuk menikmati wisata kuliner Indonesia.

Keindahan laut Indonesia

Irina Nekhoroskina dari Ria Novosti sangat antusias dengan program yang akan diselenggarakan termasuk rencananya untuk menikmati keindahan laut di Indonesia dan membuat foto-foto alam laut Indonesia.

Sementara itu, Leonid Perskiy mewakili wartawan lainnya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Republik Indonesia yang telah memberikan kesempatan untuk mengikuti program Famtrip.

"Kami berharap agar di tahun-tahun mendatang jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia akan terus meningkat mengingat besarnya potensi yang dimiliki Indonesia", ujar Leonid Perskiy.

Program Famtrip untuk wartawan/travel writers Rusia ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan KBRI Moskow berlangsung tanggal 26 September hingga 3 Oktober dengan mengunjungi obyek-obyek wisata di Jakarta, Yogyakarta, Bali dan Lombok.

Untuk Program Famtrip kali ini tujuan wisata yang akan dikunjungi antara lain Kota Tua di Jakarta, Kraton Yogyakarta, menyaksikan sendratari Ramayana di Candi Prambanan, Candi Borobudur, Pura Taman Ayun, Danau Beratan dan Tanah Lot di Bali.

Di Lombok para wartawan akan dibawa menyaksikan keindahan Gili Trawangan, Desa Senaru dan Air terjun Sendanggile serta menyaksikan pembuatan tenun songket Lombok.

Pada tahun 2011 sebanyak 90.900 wisatawan Rusia berkunjung ke Indonesia atau meningkat 15 persen dari tahun 2010 yang tercatat sebanyak 79.100.

Berbagai program terus dilakukan oleh KBRI Moskow bekerjasama dengan instansi-instansi tekait di Indonesia untuk lebih meningkatkan arus wisatawan Rusia ke Indonesia, salah satunya dengan program Famtrip wartawan ini.

Diharapkan pada tahun 2012 ini wisatawan Rusia ke Indonesia melebihi 100 ribu orang, demikian harapan Dubes Djauhari Oratmangun.

(H-ZG/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi

COPYRIGHT © 2012


http://www.antaranews.com/berita/335224/media-terkemuka-rusia-promosikan-tujuan-wisata-indonesia

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment