Pantai Jawa Timur

Diposkan oleh vera Dika on Monday, November 19, 2012


A. Pantai Papuma

Jember disamping terkenal dengan Jember Fashion Carnival juga mempunyai pantai yang indah, yang tidak kalah dengan di daerah lain. Namanya pantai Tanjung Papuma, yang merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Ini karena memang pantainya berpasir putih, tidak seperti pantai tetangganya, Pantai Watu Ulo yang berpasir hitam. Disamping itu ada batu malikan di pantainya yang berada di sisi barat. Batu malikan adalah lempengan batu-batu yang berada di dekat pesisir pantai yang bergerak sehingga menimbulkan bunyi kalau diterpa ombak. Kata malikan mungkin berasal dari kata dalam bahasa Jawa “malikan” atau “molak-malik” yang artinya bergerak bolak balik.

pantai ini berlokasi : di pantai selatan kabupaten Jember,Jawa Timur, Indonesia.

Fasilitas yang tersedia :

    a. Taman bermain
    b. Tempat kemah
    c. Sovenir
    d. Warung makan & minum
    e. Kantor pengelola
    f. Mushala
    g. MCK
    h. Tempat parkir
    i.  Jalan aspal
    j.  Gazebo
    k. Perahu
    l.  Balairung
    m.7 buah guest house dilengkapi AC
 Galeri Foto:

B. Pantai Paseban


Pantai Paseban terletak 52 Km kearah barat laut Kota Jember. Suasana pantai yang tenang dan deburan ombak yang bergemuruh membuat pantai ini nyaman untuk dikunjungi.

Bagi mereka yang ingin berenang di pantai, Paseban merupakan pantai yang aman karena memiliki ombak yang 'sopan' dan tenang. Banyak pula wisatawan asing yang memanfaatkannya untuk sun-bathing atau melakukan olah raga pantai seperti voli pantai.

Galeri Foto:

C. Pantai Prigi

Pantai yang berada di wilayah Desa Tasik Madu, Kecamatan Watulimo sekitar 48 km arah selatan Kota Trenggalek ini, selain sebagai sarana wisata pantai ini juga dikenal dengan Pelabuhan Penangkapan Ikan (PPI) terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Hasil tangkapan ikannya pun sangat besar, karena relative masih segar maka rasanya sangat enak. Pantai Prigi yang berjarak sekitar 40 km dari Jantung Kota Tulungagung  dan 48 km dari Jantung Kota Trenggalek ini, bisa sampai ke tempat ini pengunjung dapat menempuh melalui jalur utara atau selatan. Bila melalui rute jalur utara berarti dari Tulungagung–Gondang–Durenan–Bandung–Prigi. Sedang lewat jalur selatan, Tulungagung-Boyolangu-Campurdarat–Bandung-Prigi, dan jalan menuju ke pantai ini semua kondisinya sangat bagus.

FASILITAS

Hotel Prigi dengan fasilitas sekelas melati tiga, rumah makan, warung, café dan kios,rest area, playground, bumi, perkemahan, sarana olahraga, toilet, parkir, rescue, airbush, listrik, arel jaringan wireless phone (HP) asuransi jasa raharja.
Galeri Foto:

D. Pantai Popoh

Pantai Popoh, adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Tulungagung, tepatnya di pesisir Samudra Hindia, 30 Km sebelah selatan kota Tulungagung.
Pantai yang langsung berhadapan langsung dengan laut Bebas Samudera Hindia ini memang banyak menawarkan keeksotikan keindahan panorama pantai, baik wisata bahari maupun keindahan deburan ombaknya.

Pantai Popoh merupakan salah satu obyek wisata andalan daerah Tulungagung, berbagai acara selalu diadakan di kawasan wisata ini baik itu musik ataupun acara-acara lain. Hampir setiap hari libur dan hari besar kawasan wisata ini selalu dipadati pengunjung, baik yang berasal dari sekitar Tulungagung maupun luar Tulungagung bahkan tidak sedikit yang berasal dari luar negeri.\
Pantai Popoh berbentuk teluk dan berada di ujung timur pegunungan Kidul. Air yang cukup tenang, angin laut yang tidak begitu kuat, dan keindahan gunung disekitar teluk telah menjadi daya tarik utama pantai ini.
Galeri Foto:

E. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terletak di Kecamatan Bantur ± 65 km, sebelah selatan kota Malang. Pantai ini dapat dicapai melalui Kecamatan Gondanglegi dan Kecamatan Bantur, dilanjutkan ke Desa Srigonco.

Perjalanan ini dapat pula dicapai melalui Kecamatan Kepanjen, Kecamatan Pagak belok ke kiri ke arah Kecamatan Bantur. Pantai Balekambang ini cukup menawan. Hal ini didukung pula dengan fasilitas yang memadai, tempat parkir yang luas, camping ground, kios cinderamata, rumah makan, mck, kantor informasi, bungalow sedeharna, kolam renang dan bumi kemah pramuka, mushola dan pendopo.

Pantai Balekambang ini landai dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar 200 meter ke arah laut, sewaktu air laut surut tampak di atas air dandisela-selanya nampak ikan hias berkerumun serta satwa laut lain yang beraneka ragam. Di lepas pantai nampak tiga buah pulau berjajar ke arah barat, Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura, tempat tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisataman baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Ada acara yang khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suro’an) dan Upacara Jalanidhi Puja.
Galeri Foto:

F.  Pasir Putih

Pantai Pasir Putih di Kabupaten Situbondo, Jawa  Timur, dikenal karena hamparan pasirnya yang putih. Tak hanya itu, morfologi pantai inipun terbilang unik. Topografinya yang melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan membentuk gugusan panorama yang sangat indah. Ke arah  utara, wisatawan dapat melihat luasnya laut utara Jawa dengan garis putih di  pinggir pantai. Di belakangnya, rimbunan hutan menyajikan kesejukan tersendiri.

Pasir Putih merupakan salah satu tujuan wisata  pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini karena letaknya yang  strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Wisatawan yang  ingin menuju ke Bali (dari Surabaya), atau menuju Gunung Bromo (dari Banyuwangi),  biasanya mampir untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang  disuguhkan, terutama menikmati eloknya matahari terbenam (sunset).
Galeri Foto:


G. Pantai Tanjung Kodok

Tanjung Kodok Beach Resort  adalah satu-satunya resort berbintang tiga-plus yang terletak disamping Wisata Bahari Lamongan (WBL), di tepi pantai utara pulau Jawa tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur dengan jarak tempuh sekitar 5 jam dari Semarang.

Tanjung Kodok mempunyai pemandangan pantai dan laut yang sangat indah dengan aneka batu karang serta pemandangan goa alam yang mempesona dan menarik. Pada pagi hari kita bisa melihat nelayan yang sedang memancing dan menjaring ikan di tepi laut. Saat senja hari kita dimanjakan dengan indahnya pesona laut pada saat matahari tenggelam. Sedangkan waktu malam hari kita dapat menyaksikan gemerlapnya lampu-lampu para nelayan yang sedang mencari ikan.

Galeri Foto:


H. Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu pantai yang terletak di kabupaten Pacitan (Jawa Timur), tepatnya di kecamatan Donorojo. Pantai ini masih cukup asri karena belum terlalu banyak yang berkunjung ke pantai ini. Pada musim lebaran kemarin (tahun 2010) pantai ini sudah lebih ramai dibandingkan dengan kunjungan saya tahun 2009. Di luar musim lebaran pantai ini masih relatif sepi.

Galeri Foto:

I. Pantai Puger

Puger adalah sebuah situs wisata yang terletak 36 km sebelah barat daya dari Jember. Pantai ini terkenal untuk melelang dan menjual ikan. Tidak hanya menikmati keindahan laut tetapi pengunjung juga dapat melihat kapal kayu tradisional 'Prau'. Mereka juga dapat membeli ikan segar dari nelayan di sekitar pantai atau mencoba untuk memancing di laut, menggunakan kano. Ini akan menjadi suatu kegiatan yang menarik.
Setiap tahun, orang-orang di sekitar daerah pesisir merayakan ritual tradisional "Larung SESAJI" Kegiatan ini dilakukan dalam ucapan syukur kepada Tuhan untuk perjalanan yang aman di laut, terutama oleh nelayan Puger.. Mereka membuang nasi tumpeng ke laut dan berharap harapan mereka. upacara ini telah dilakukan setahun sekali.

Galeri Foto:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment