Pantai Kalimantan Barat

Diposkan oleh vera Dika on Wednesday, November 21, 2012


A. Pantai Batu Payung


Pantai Batu Payung Bengkayang ini terletak di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Pantai Batu Payung Bengkayang dinamakan demikian karena di tengah laut dari pantai ini terdapat sebuah batu yang berbentuk seperti payung .Pantai Batu Payung terletak tidak jauh dari Pantai Pasir Panjang dan menawarkan sejumlah keindahan dan panorama dengan pulau-pulau kecil yang menghijau di kejauhan.

Objek wisata ini adalah tempat yang cukup tenang untuk beristirahat. Jaraknya kira-kira 20 km dari kota Singkawang dan dapat dicapai dalam waktu 45 menit dengan mengendarai bis umum atau kendaraan pribadi. Tempat penginapan dan restoran tersedia di sini, selain itu juga fasilitas pendukung lainya menunjang kawasan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan ini. Salah satu fasilitas penunjang lainya adalah adanya dermaga kecil untuk kapal yang akan bersandar.

Galeri Foto:


B. Pantai Kijing

Begitu banyak objek wisata yang di sediakan oleh alam kita umumnya indonesia dan kali ini saya ingin memberikan sedikit informasi mengenai wisata yang tersedia di Kalimantan Barat yaitu Pantai Kijing yang merupakan pantai nan indah, terletak 18 kilometer dari kota Mempawah. Di pantai ini tersedia fasilitas kantin, kolam renang, musholla, wihara, taman dan panggung pertunjukan. Panggung pertunjukan menampilkan berbagai acara hiburan pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. Lokasi pantai Kijing dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua dan empat.

Galeri Foto:


C. Pantai Teluk Mak Jantu


Geliat Teluk Karang baru terasa menjelang petang. Lazimnya daerah pesisir, di siang hari panasnya menyengat. Baru setelah matahari mulai condong ke barat dan membawa serta teriknya ke peraduan, saya dan kawan-kawan keluar pondokan dan berjalan ke arah pantai.

Desa Teluk Karang terletak di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Namanya belum begitu dikenal. Wisatawan lokal lebih familiar dengan Sinka Island Park ketimbang Teluk Karang. Padahal kompleks taman Sinka itu terletak di Teluk Karang. 

Fasilitas di Sinka Island Park memang terbilang lengkap, mungkin itulah penyebab namanya begitu tersebut di Singkawang. Sinka Island Park adalah integrasi dari beberapa obyek wisata. Di sini ada pantai beserta gazebo-gazebo nyaman dan Pulau Simping, ada kolam renang, ada kebun binatang Sinka Zoo yang perlahan-lahan berevolusi menjadi taman safari, dan ada Rindu Alam.

Galeri Foto:


D. Pantai Pasir Panjang


Pantai Pasir Panjang merupakan pantai berpasir putih nan indah yang terletak di kecamatan Tujuh Belas kabupaten Singkawang propinsi Kalimantan Barat. Dengan pantainya yang membentang sepanjang 3 kilometer maka tak salah bila dinamakan pantai Pasir Panjang. Pantai ini juga merupakan ikon pariwisata kota Singkawang yang mayoritas penduduknya beretnis Tionghoa dengan jumlah 70% dari total penduduk.

Pantai Pasir Panjang ini menawarkan keindahan pasir putihnya yang berpadu dengan air laut yang jernih dengan latar warna langit kebiruan membuat pantai semakin sayang untuk dilewatkan. Di seberang pantai kita bisa melihat beberapa pulau kecil seperti pulau Lemukutan, pulau Randayan, pulau Kabung yang dibatasi oleh Kepulauan Natuna.

Galeri Foto:


E. Pantai Gosong

Pantai Gosong kini menjadi pilihan utama masyarakat Singkil untuk relaksasi. Meski ada juga beberapa objek wisata laut lainnya yang tak kalah populer seperti Pelabuhan Pulo Sarok yang tepat berada di tengah Kota Singkil, tapi Pantai Gosong dianggap paling tenang dan damai.

Kabupaten Singkil yang baru berdiri tahun 1999 ini memang tengah berbenah diri menjadikan potensi bahari sebagai ikon wisatanya. Luas Kabupaten Singkil yang mencapai 3.578 km2 dengan komposisi wilayah perairan yang cukup besar membuat mereka tidak bisa lepas dari laut. Dengan jumlah penduduk sebanyak 120.043 jiwa, Singkil tengah berbenah menjadi satu daerah tujuan wisata yang penting di pesisir barat Sumatera.

Galeri Foto:


F. Pantai kura-kura


Pantai kura-kura yaitu sebuah pantai yang terletak di kabupaten bengkayang, yang berbatasan langsung dengan kota singkawang, pantaai ini terdapat di daerah tanjung gundul. mengapa disebut tanjung gundul? Karena dulunya tanjunng ini dipenuhi dengan pepohonan. akan tetapi yang tersisa saat ini hanyalah sebuah tanjung tanpa pepohonan yang menghiasinya, kalau adapun itu hanyalah rerumputan dan semak-semak saja.

Patai kura-kura juga dekat dengan tempat pelatihan militer SECATA B. waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai lokasi wisata ini -+ 45 menit perjalanan dari kota singkawang.mungkin tak banyak orang yang mengetahui lokasi wisata ini, hal ini terjadi karena sedikit informasi tentang lokasi wisata ini dan juga akses menuju lokasi wisata ini yang belum diakomodir dengan baik,dimana banyak terdapat jalan yang berlubag dan digenangi air, serta kurangnya fasilitas di lokasi wisata ini, fasilitas yang tersedia yang tersedia di lokasi wisata ini hanya sebatas fasilitas standar untuk sebuah lokasi wisata, seperti saung untuk bersantai, warung makan, toilet, dan beberapa vila yang merupakan milik dari sebuah PT(perseroan terbatas).

Di tempat ini juga terdapat sebuah tempat pembudidayaan udang yang dikelola oleh pihak yang kompeten dibidangnya. Pemandangan lokasi wisata ini cukup indah, dimana pantai ini masih cukup asri, ditambah dengan adanya pepohonan pinus yang ditanam oleh pengelola di sepanjang tepian pantai semakin menambah keindahan pantai ini.

Dan sebuah bukit yang ada di pantai ini, dari bukit ini kita dapat melihat pemandangan yang lebih indah dimana pantai akan terlihat sangat berbeda di dekat bebatuannya, jika cuaca sedang bagus, kita bisa melihat sebuah pulau yang terdapat di seberang pantai, dan pada sore harinya kita dapat melihat sunset pula.

Galeri Foto:


G. Pantai Tanjung Batu Pemangkat

  

Pantai Tanjung Batu merupakan Pantai berbentuk tanjung bentukan alam yang terdiri dari bukit berbatu yang menjorok kelaut dengan ketinggian kurang lebih 80 meter,dikaki bukit ini banyak terdapat bebatuan menghampar kelaut yang sangat indah terlihat bila air laut sedang surut Sumber.

Galeri Foto:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment