Pantai Sumatra Barat

Diposkan oleh vera Dika on Thursday, November 1, 2012


A. Pantai Carocok Painan


Objek wisata Pantai Carocok Painan terletak di kecamatan IV Jurai dengan Jarak Tempuh 77 KM dari Padang. Kawasan ini berhadapan dengan 2 buah pulau yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak, dari kejauhan juga Nampak Pulau Semangki dengan pemandangan yang sangat indah dan airnya yang bersih, serta apabila berada di Puncak Bukit Langkisau akan tampak pemandangan yang sangat menakjubkan, menyadarkan kita pada kekuasaan Allah, sang pencipta.

Perjalan yang akan ditempuh Tak sampai 5 menit , kita akan tiba di pulau kecil tersebut. Pasir putih yang lembut akan memanjakan kaki kita. Kita bisa sekedar duduk dan menikmati indahnya ciptaan Tuhan atau bisa juga sambil menikmati segarnya Es Kelapa Muda di warung-warung yang ad di sana. Jika kita ingin berkeliling, kita bisa mengelilingi pulau kecil tersebut. Jika ingin aktivitas yang sedikit menantang, kita bisa mencoba untuk menaiki Banana Boat yang dioperasikan oleh warga sekitar atau kita juga bisa mencoba flying fox dengan rute yang cukup panjang dari sebuah bukit hingga ke tepian pantai.

Hembusan angin pantai akan mampu membuat kita terbuai dan tak ingin pergi. Sayangnya di lokasi ini, tidak ada resort untuk bermalam dan menikmati keindahan laut di kala malam. Namun di Kota Painan banyak tersedia penginapan-penginapan dengan harga dan fasilitas yang beragam. Kita bisa memilih untuk menginap atau langsung kembali ke kota Padang, karena hanya butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan saja Sumber.

B. Pantai Aia Manih


Alkisah, kapal Malin Kundang yang dikutuk menjadi batu itu terdampar di sebuah pantai landai yang indah. Pantai Air Manis (Pantai Aia Manih) namanya. Karena ini cuma legenda dan yang perlu dicermati dari legenda hanya hikmahnya, jangan tanya apakah Malin dan kapal dagangnya itu karam dulu baru kemudian menjadi batu atau menjadi batu dulu baru karam. Yang jelas di sudut selatan Pantai Air Manis teronggok bongkahan batu yang membentuk kapal besar terbelah dua, plus sesosok manusia dalam posisi bersujud yang diklaim sebagai Malin Kundang si Durhaka.

Pantai Aia Manih menjadi lokasi wisata favorit yang ada di Padang. Legenda Malin Kundang akan menyapa pelancong saat menginjaki kaki di pasir berwarna coklat keputihan, Seonggok batu dan relief cerita Malin Kundang menghiasi kawasan wisata pantai yang dipadati pengunjung di waktu liburan. Konon kabarnya, batu besar tersebut merupakan kapal besar dan jasad Malin Kundang yang terdampar. Menurut legenda rakyat, Malin Kundang dan kapalnya dikutuk menjadi batu karena kedurhakaannya pada orang tua.

Pantai Aia Manih memberikan lokasi bermain bagi para pengunjung. Bahkan di saat pasang surut, pengunjung bisa melihat biota laut yang menyembul ke permukaan. Dengan berjalan kaki, Anda pun bisa menuju Pulau Pisang Kecil yang berada tak jauh dari tepian Pantai Aia Manih. Pulau yang tak begitu luas tersebut, bisa dijadikan tempat peristirahatan sejenak sambil menikmati bekal makanan yang telah dipersiapkan.Tak jarang, kalangan muda di Kota Padang juga memanfaatkan Pantai Aia Manih sebagai tempat perkemahan. Debur ombak bergulung di daerah tersebut juga dimanfaatkan para peselancar untuk berselancar. Akses menuju kawasan wisata Pantai Aia Manih dapat dituju dari beberapa arah. Pantai yang terletak di Kecamatan Padang Selatan tersebut, bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 30 menit dari pusat kota Sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment