Pantai Sumatra selatan

Diposkan oleh vera Dika on Monday, October 29, 2012


A.Pasir Putih di Sumatra Selatan


Pasir Putih adalah salah satu objek wisata di kota Bandar Lampung. Pantai ini menjadi tempat tujuan wisata domestik maupun manca negara.Semenjak dijadikan objek wisata, Pantai Pasir Putih selalu dijaga kebersihannya. Keistimewaan Sepanjang Pantai Pasir Putih yang ditumbuhi pepohonan yang rindang sehingga pengunjung yang menyusuri sepanjang pantai dapat berteduh jika kepanasan. Kondisi air lautnya bersih sehingga nyaman untuk mandi dan bermain.

Kondisi pasirnya yang putih, dapat menyegarkan mata pengunjung sehingga cocok untuk dijadikan tempat berlibur. Selain itu, pada sore hari, para pengunjung dapat menyaksikan indahnya sun set. Jika ingin menyaksikan karang-karang dan binatang laut, pengunjung
dapat berenang dengan batas tertentu atau menggunakan perahu motor sampai ke bagian tengah. Di tempat ini memiliki keanekaragaman ikan, terumbu karang, dan biota laut yang mengagumkan Sumber.

Lokasi Pantai Pasir Putih terletak di bagian selatan Kota Bandar Lampung, sekitar
20 kilometer dari Bandar Lampung di sepanjang Jalan Trans Sumatera.

B. PANTAI CANTI, GUNUNG RAJABASA, KALIANDA LAMPUNG


Pantai Canti merupakan sebuah pantai di selatan Lampung. Pantai yang berada di daerah Kalianda ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Dari sini, ketika cuaca cerah, Gunung Anak Krakatau dapat terlihat.
BERBEDA dengan pantai lain yang biasanya berhawa panas, Pantai Canti dikaruniai hawa yang sejuk. Pantai indah dan alami di kawasan desa yang luasnya sekitar 620 hektar ini terletak 12 kilometer dari Kalianda, ibu kota Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Di sini terdapat sebuah tempat wisata atau rekreasi pantai yang masih jernih seluas 1,5 hektar. Juga ada kawasan pelabuhan rakyat yang biasa digunakan sebagai gerbang dari dan ke obyek wisata Gunung Krakatau atau tur kawasan Teluk Lampung.

Menurut para pengunjung-pngunjung  Pantai Canti amat berbeda dengan pantai-pantai lain di Teluk Lampung karena udaranya yang sejuk dan bahkan cenderung dingin. Bagi wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya, jika tidak membawa kendaraan dapat menyewa kendaraan yang tersedia di Bakauheni. Perjalanan bisa melewati Kalianda dengan jarak 35 kilometer, namun lebih singkat jika melewati Palas dan mengitari Gunung Rajabasa. Sedangkan jika datang dari utara, terutama dari Bandar Lampung, dapat menggunakan bus reguler trayek Terminal Induk Rajabasa (Bandar Lampung)-Kalianda (Lampung Selatan). Tarif angkutan umum (bus) di lintas itu berkisar Rp 8.000-Rp 15.000, tergantung jenis busnya Sumber.

C. Pantai Laguna


Laguna pantai biasa ditemukan di pantai dengan pasang surut relatif kecil. Ia mencakup kira-kira 13 persen dari keseluruhan garis pantai. Umumnya memanjang sejajar dengan pantai dan dipisahkan dari laut oleh pulau penghalang, pasir dan bebatuan atau terumbu karang.

Penghalang laguna bukan karang dibentuk oleh aksi gelombang atas arus pelabuhan yang terus menerus membuat sedimen kasar lepas pantai. Sekali penghalang laguna terbentuk, sedimen yang lebih runcing bisa menetap di air yang relatif tenang di belakang penghalang, termasuk sedimen yang dibawa ke laguna oleh sungai. Khasnya laguna pesisir memiliki bukaan sempit ke laut. Sebagai akibatnya, keadaan air dalam laguna bisa agak berbeda dari air terbuka di laut dalam hal suhu, salinitas, oksigen yang dibebaskan dan muatan sedimen
Di pinggiran pantai banyak berdiri pohon-pohon besar yang membuat suasana teduh. Walaupun daun-daunnya banyak berguguran dan berserakan di pantai, namun justru disinilah keasliannya akan terasakan.

Dengan pasirnya yang putih dan ombak yang tidak terlalu besar, semakin membuat Pantai Laguna Pari menjadi semakin sempurna untuk mandi. Duuh…rasanya seperti mandi di pantai sendiri, karena suasananya yang relatif masih sepi. Kalau tidak mau mandi, duduk-duduk saja di warung yang ada di pinggir sembari memandang laut, juga tak kalah sensasi indahnya. Pelan-pelan, sayup-sayup, bisa membuat kita tertidur mendengar nyanyian alam di Pantai Laguna Pari. Duduk dan bermain di Pantai Laguna pari sungguh tak terasa, siang hari sampai, tiba-tiba sudah menjelang sore hari. Suasana sangat bersahabat dengan kita disini, lupakan sejenak kepenatan dan menyatu dengan alam Sumber.

D. Pantai Panjang Bengkulu


Bengkulu memiliki keindahan wisata bahari yang tidak bisa dilewatkan. Pasir putih sepanjang 7 km dan air laut yang jernih jadi andalan Pantai Panjang. Pantai ini siap jadi tujuan wisata baru Anda.
Pantai ini membentang sepanjang 7 kilometer sehingga pantai ini dinamakan Pantai Panjang.

Pantai ini juga mempunyai jarak antara titik pasang dan titik surut sepanjang 500 meter sehingga hamparan pasir putihnya membentang luas. Di sekitar kawasan pantai yang landai ini, Anda bisa dengan mudah menemui banyak penginapan dengan tarif yang relatif murah. Pantai Panjang ini cukup istimewa karena di sepanjang tepi pantai ini ditumbuhi pohon cemara dan pinus yang menambah kesejukan dan nuansa hijau. Biasanya di pantai tumbuhan yang hidup adalah pohon kelapa, tetapi di Pantai Panjang tidak ada pohon kelapa yang hidup.

Anda dapat menyaksikan panorama alam berupa tenggelamnya matahari sambil bermain air pantai dengan tiupan angin sepoi-sepoi. Ketika menyambut malam Tahun Baru di kawasan objek wisata tersebut ramai dikunjungi masyarakat, wisatawan dan pendatang untuk mendirikan tenda-tenda disekitar pantai Sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment