Pulau Bengkulu

Diposkan oleh kaka dika on Monday, December 10, 2012


 1. Pulau Enggano 


Pulau Enggano adalah salah satu pulau terluar di Indonesia, secara administratif berada di Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu. Pulau dengan luas wilayah 40 km persegi ini terletak di zona perairan Samudra Hindia pada posisi antara 102,05o BT dan 5,17o sampai 5,31o LS. Sebagai sebuah kecamatan tersendiri, Enggano secara administratif terdiri dari 3 pulau kecil yaitu: Pulau Dua, Pulau Bangkai, dan Pulau Merbau. Kecamatan Enggano terbagi dalam 6 Desa yaitu Desa Kahyapu, Desa Kaana, Desa Malakoni, Desa Apoho, Desa Meok, dan Desa Banjar Sari. Adapun jumlah penduduk di pulau ini sekitar 3.000 jiwa (tahun 2002), yang tersebar di 6 desa tersebut.

Pulau yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani kelapa sawit ini secara ekologi sangat kaya dengan sumber daya alam, baik yang terdapat di daratan maupun di perairan lautnya. Namun, ekosistem Enggano sangat rentan rusak, karena struktur pulaunya yang tersusun dari batu karang dengan ketebalan tanah permukaan sangat tipis, hanya 1—2 meter saja.

Pulau Enggano merupakan pulau yang relatif masih alami dan belum banyak tersentuh oleh agenda-agenda pembangunan. Namun, hal ini justru menjadi berkah tersendiri bagi pulau ini, karena keaslian kondisi alamnya relatif masih terjaga.

Di dalam pulau yang dikelilingi hamparan pasir putih yang sangat luas ini, terdapat dua obyek wisata yang indah dan cukup terkenal, yaitu Taman Burung Gunung Nanu’ua dan Pantai Humo. Di Taman Burung Gunung Nanu’ua, terdapat dua spesies burung langka yang dilindungi oleh pemerintah, yaitu Burung Kacamata Enggano dan Burung Celepuk Enggano. Selain di Taman Burung Gunung Nanu’ua, spesies burung sebaran-terbatas itu juga sesekali dapat dijumpai di lahan pertanian, terutama perkebunan kelapa, dan lahan-lahan terbuka di sekitar perkampungan.

Galeri Foto
 2. Pulau Mega


Pulau Mega adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia dan berbatasan dengan negara India. Pulau Mega ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Bengkulu Utara, provinsi Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dengan koordinat 4° 1' 12? LS, 101° 1' 49? BT dengan luas 5 Ha dan tidak berpenghuni, hanya sebagai tempat persinggahan para nelayan.

Informasi Umum :
Pulau Mega terletak di bagian barat Pulau Sumatera dan terletak di lepas pantai Samudera Indonesia. Pulau ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Mukomuko dan Provinsi Sumatera Barat. Pulau Mega merupakan pulau yang sangat kecil dengan luas sekitar 3,13 km2 dengan lebar pulau sekitar 1,5 Km dan bagian terpanjang sekitar 2 Km. Pulau yang tidak berpenghuni ini oleh penduduk/nelayan sekitar disebut juga Mego, yang artinya sangat jauh.Aksesbilitas :
Untuk menuju Pulau Mega, perjalanan dapat dimulai dari Kota Bengkulu dengan menggunakan kendaraan roda empat menuju Bengkulu Utara, dilanjutkan dengan menyewa kapal motor berukuran sedang menuju Pulau Mega.

Galeri Foto


 
 

3. Pulau Merbau 


Pulau Merbau adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia dan berbatasan dengan negara Australia. Pulau Merbau ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Bengkulu Utara, provinsi Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dengan koordinat 05° 28' 30? LS, 102° 24' 00? BT dengan luas 5 Ha dan tidak berpenghuni, hanya sebagai tempat persinggahan para nelayan.
Galeri Foto




4.  Pulau Tikus


Pulau Tikus adalah pulau kecil yang terletak di perairan Pantai Bengkulu. Pulau Tikus ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kota Bengkulu, provinsi Bengkulu. Pulau ini berada di sebelah barat dari kota Bengkulu dan dari pantai-pantai di Kota Bengkulu dapat terlihat. Pulau ini sering dikunjungi para wisatawan dan dapat ditempuh dengan menyewa perahu nelayan dari Pantai Zakat maupun Pantai Tapak Paderi.
Galeri Foto


Sumber:
wikipedia.org
suarakomunitas.net 

{ 2 komentar... read them below or add one }

Post a Comment