Wisata Toya Bungkah

Diposkan oleh kaka dika on Friday, January 25, 2013

 
Toya Bungkah terletak di Kintamani, Kabupaten Bangli, letaknya tidak jauh dari obyek wisata yang sangat terkenal yaitu Kintamani. Dari penelokan anda dapat menyaksikan panorama alam Kintamani yang indah sebelum menuju ke Toya Bungkah yaitu menuruni jalan yang searah menuju ke Danau Batur. Toya Bungkah sendiri merupakan obyek wisata pemadian air panas yang baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit  dengan kandungan zat belerang yang tinggi. Udara sekitar sangat sejuk dengan suasana alam tropis sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga untuk menghilangkan kejenuhan dari aktivitas kerja sehari-hari. 

  
Toyobungkah merupakan sumber mata air panas alam yang sehari-harinya dimanfaatkan untuk merendam badan karena dianggap dapat menyembuhkan penyakit khususnya penyakit kulit. Airnya ditampung pada suatu kolam kecil yang terletak di sebelah Danau Batur. Karena letak kolam air panas sangat berdekatan dengan Danau Batur, maka pandangan ke arah danau menjadi bebas sehingga dari kejauhan tampak pemandangan yang indah dimana di sebelah Timur Laut Danau Batur kelihatan Desa trunyan yang dikelilingi daerah perbukitan yang menghijau. Disamping pemandangannya yang sangat indah di toyobungkah hawanya sejuk, sehingga tidak mengherankan apabila seorang pujangga dan sastrawan terkenal yaitu Sutan Takdir Ali Syahbana memilih Toyobungkah sebagai tempat untuk mendirikan bangunan yang disebut Balai Seni Toyobungkah yaitu tempat yang dipergunakan untuk menggelar berbagai macam kesenian.

Fasilitas

Di Toyobungkah tersedia dua tempat parkir untuk pengunjung yaitu di sebelah Barat jalan dan dipinggir sebelah barat danau Batur atau di sebelah Utara kolam air panas. Akomodasi dan rumah makan ada di sekitar Obyek, toilet serta kamar untuk berganti pakaian terdapat di dekat air panas. Demikian pula pinggir Danau Batur atau di sekitar Toyobungkah tersedia tempat yang biasa dipergunakan untuk mendirikan perkemahan.

Aneka Rekreasi
Banyak sekali wisatawan yang datang ke Toya Bungkah dengan aneka macam tujuan:  mandi air panas, mendaki Gunung Batur, berkemah, ataupun jenis rekreasi lain dengan melihat keindahan alamnya secara langsung. Ada setidaknya dua kolam di lokasi ini, yakni kolam air panas alam yang biasanya digunakan untuk masyarakat sekitar, dan kolam air panas yang dibangun dengan dibatasi oleh tembok penyengker yang khusus digunakan untuk para wisatawan yang datang ke Toya Bungkah.Kunjungan
Touyobungkah yang memiliki keindahan dan daya tarik sebagaimana telah diuraikan di atas banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dan Nusantara yang semakin meningkat dari tahun ke tahun dengan tujuan mendaki Gunung Batur, kemah, mandi, berekreasi untuk melihat dari dekat keindahan yang dimiliki oleh Toyobungkah.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment