Air Terjun Tirta Rimba - Bau Bau

Diposkan oleh kaka dika on Saturday, February 9, 2013

Air Terjun Tirta Rimba tidak terlalu tinggi hanya sekitar 6 meter dengan lebar aliran sungai sepanjang kurang lebih 5 meter.  Airnya mengalir dari atas melalui batu-batu besar menuju kolam yang telah dibentuk dengan ukuran sekitar 10x7 meter lengkap dengan papan tempat meluncur layaknya kolam renang.

Air terjun ini namun berada dalam kawasan hutan lindung merupakan daya tarik tersendiri pada kawasan wisata alam yang cukup natural ini.  Di tempat ini pengunjung dapat berenang sambil mendengarkan suara burung dan deru angin di sela pepohonan dan dapat melakukan kegiatan jelajah sungai dan jelajah hutan.

Air terjun ini merupakan aliran Sungai Kokalukuna dan menjadi ojek wisata favorit warga sekitar karena selain letaknya yang strategis juga murah meriah.

Beberapa meter dari air terjun ini telah dibangun saluran khusus yang dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip aliran sungai alami yang berundak-undak dan ketika musim hujan tiba, seluruh aliran tersebut tertutupi air sehingga musim hujan terkadang menjadi waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Tirta Rimba.

Lokasi
Terletak di Kelurahan Lakologou, Kecamatan Wolio, Kota Bau Bau, Propinsi Sulawesi Tenggara.

Peta dan Koordinat GPS:

Aksesbilitas
Berjarak 6 km sebelah barat pusat Kota Bau-Bau dan dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 2 km.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 2000, bahkan pada saat di luar musin liburan tidak dikenakan tarif sepeserpun.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment