Wisata Air Terjun Dolo, Kediri

Diposkan oleh kaka dika on Monday, February 4, 2013


Kabupaten Kediri masih kalah terkenal jika dibandingkan dengan daerah tetangga seperti Malang ataupun Batu, namun Kabupaten Kediri mempunyai potensi wisata alam yang tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan daerah tetangga misalnya dengan Air Terjun Dolo yang cantik.

Air terjun Dolo berada di bagian timur lereng gunung Wilis (2.850m) dengan ketinggian 1800 m dpl.  Tumpahan airnya terbagi tiga bagian dimana bagian yang paling tinggi sekitar 125 m dan dibawahnya sekitar 2-5 m. Debit air yang dicurahkan tidaklah terlalu besar, namun cukup menarik untuk dinikmati.

Air terjun Dolo terletak di bagian timur dari lereng gunung Wilis (2.850 m) yang berada di ketinggian 1.800 dpl atau tepatnya ada di dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri.

Jarak tempuh Air terjun Dolo dari Kota Kediri adalah 25 km ke arah barat yang bisa ditempuh selama 50 menit  atau 3,5 jam (sekitar 150 km) dari Bandara Juanda Surabaya.

Untuk perjalanan menuju Air Terjun Dolo, kita harus berhenti di Dusun Besuki dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, karena jalan menuju ke arah Air Terjun Dolo mendaki dan tidak mungkin dilewati kendaraan. Jalanannya berupa tangga-tangga dari bebatuan yang dibuat melingkari daerah tersebut. Bebatuan tersebut menambah pesona dan nilai tersendiri yang membedakan dengan air terjun ditempat lain.

Setelah dibekukan oleh dinginnya Air Terjun Dolo, pengunjung dapat memanaskan suasana dengan menikmati fasilitas pariwisata yang tersedia seperti Joging ataupun Hiking Area. Bagi yang membawa keluarga dapat mengajaknya ke taman bermain yang tersedia. Tersedia pula Camping Ground bagi pengunjung yang ingin tinggal dan menikmati suasana kawasan ini lebih lama. Beberapa meter dari air terjun, kita dapat menemukan kebun sayur dan strowberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu, pengunjung bisa membeli sayuran dan stroberi yang masih segar bahkan bisa langsung dapat memetiknya sendiri dari pohon.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan suasana dingin disarankan untuk membawa mantel atau baju hangat agar tetap bisa menikmati perjalanan Anda, karena dilokasi biasanya selalu diliputi mendung dan kabut yang tebal ditambah lagi kadar air yang cukup tinggi.

Tiket dan Parkir
Tiket masuk adalah Rp 3000 per orang.  Sedangkan biaya parkir adalah Rp 1000 per kendaraan untuk roda dua.

Fasilitas dan Akomodasi
Sarana transportasi, komunikasi, dan listrik telah mendukung keberadaan objek wisata ini. Demikian pula, berbagai prasarana fisik yang lain, seperti tempat parkir, toilet, kamar mandi, kolam renang dan musholla.  Bahkan disini tersedia area untuk berkemah.

Hanya saja, di kawasan objek wisata tersebut belum dibangun penginapan. Sehingga jika ingin bermalam harus ke kota Kediri.

Foto Galeri:


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment