Candi Blandongan

Diposkan oleh kaka dika on Friday, March 22, 2013


Situs ini terletak di Dusun Segaran, Desa Batujaya, Kecamatan Batujaya. Berada pada koordinat 107 .09’:14” BT dan 06.03’:21” LS. Situs itu berupa gundukan tanah setinggi 2 m dari permukaan sawah sekitarnya. Secara keseluruhan situs ini merupakan salah satu yang terbesar bila dibandingkan dengan unur-unur lain.
Pengupasan yang dilakukan menampakkan sebagian sisi sebelah barat. Bagian bangunan yang ditemukan menunjukkan hiasan-hiasan berupa pelipit setengah lingkaran (kumuda), pelipit padma, dan pelipit sisi genta.

Candi ini memiliki bentuk bujur sangkar berukuran 24,2 x 24,2 meter. Candi bata ini bertingkat satu dengan sebuah stupa di bagian tengahnya. Pada lantai dasar terdapat empat tangga masuk pada yang berorientasi pada empat arah mata angin, yakni timurlaut, tenggara, baratdaya, dan baratlaut.

Pada tingkat pertama terdapat halaman (selasar) yang berukuran 17,64 x 17,64 meter mengelilingi struktur bangunan yang merupakan tempat stupa di atasnya. Lantai selasar ini dilapis oleh kerikil yang dicampur dengan adonan lepa putih. Adanya sisa batu andesit berdiameter sekitar 30 cm dan lubang sisa tiang di sekeliling teras pertama ini mengindikasikan bahwa dahulu pernah didirikan tiangtiang kayu yang mengelilingi bagian stupa. 
 
Bagian stupa pada teras teratas hanya tersisa struktur bangunan yang berdenah bujursangkar berukuran 9,2 x 9,2 meter dan runtuhan stupa yang telah dilapis oleh campuran kerikil dan stuko putih di sisi baratlaut lantai selasar .

Hasil Analisa Coedes Meterai - materai termasuk Typologi 1 yang berkembang pada masa Dvaravati, adegan menceritakan Keajaiban Srasvati dari naskah Diyavadana dari aliran Sarvasteveda, Aliran dari Threvada.
 
 Dari hasil perbandingan dengan Materai - materai yang ada di Asia Tenggara, ternyata Materai - materai yang ditemukan di Candi Blandongan ada persamaan dengan materai - materai Kha Ok Dalu Phattalung di Thailand Selatan, Periode Dvaravati Abad ke 6-7 Masehi. 
 
Tahun 2001 ditemukan kerang bersama Fragmen Perunggu, hasil Analisa Carbon Datting yaitu Abad ke 2-4 Masehi, dan pada hasil Analisa batu bata Abad ke 7-10 Masehi, pada sisi lain menunjukan Abad ke 12 Masehi, jadi Candi Blandongan digunakan dari abad ke 2-12 Masehi, pada Candi Blandongan inilah membuktikan bahwa Bangsa Indonesia sudah mengenal Teknik Pembuatan Gerabah, Beton Cor sampai ke Hubungan Luar Negeri dari Abad ke 2-12 Masehi. Lokasi Situs Candi Blandongan terletak di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya 45 km dari Ibu Kota, Kabupaten Karawang.

Foto Lainya:
 
 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment