Museum Bahari, Jakarta

Diposkan oleh kaka dika on Friday, March 15, 2013

 

Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Disajikan pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Di sisi lain ditampilkan koleksi biota laut, data-data jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia dan aneka perlengkapan nelayan dan pelayaran (alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan aneka meriam), tehnologi pembuatan perahu tradisional serta folklor adat istiadat masyarakat nelayan nusantara. Melengkapi penampilan kebaharian Indonesia, museum ini juga menampilkan matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim nusantara serta perjalanan kapal KPM Batavia - Amsterdam.

Museum ini berlokasi di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Barat.

 
Disini para pengunjung dapat menyaksikan berbagai jenis kapal dari berbagai daerah di Indonesia, gambar dan photo-photo pelabuhan pada masa lalu. Salah satu koleksi unik di museum ini adalah sejaran keberadaan Pulau Onrust, yang merupakan salah satu pulau di gugusan Kep. Seribu. Pulau ini dahulu digunakan oleh Belanda sebagai benteng dan galangan kapal, kapal-kapal yang rusak atau butuh perbaikan akan dilarikan di Pulai ini. Hingga kini, reruntuhan benteng tersebut masih dapat disaksikan di pulau ini. Di Museum ini, foto dan maket keberadaan benteng dijelaskan secara rinci. Untuk mengunjungi museum ini tidaklah sulit, karena letaknya cukup mudah dijangkau. Dari setasiun Jakarta Kota, anda dapat mengambil kendaraan umum mikrolet 015 jurusan Kota-Tanjung Priok, turun di pelabuhan Sunda Kelapa. Dari sini anda cukup berjlan kaki karena jaraknya hanya beberapa puluh meter saja. Sepanjang jalan, anda dapat menyaksikan atau mungkin berbelanja aneka kerang dan barang-barang laut yang dijual di depan museum.

Museum ini dibuka untuk umum, setiap hari Senin - Kamis, pulai pukul 8.00 - 14.00 WIB, sedankan hari Jumat tutup pukull 11.00 WIB dan pada hari Sabtu hanya buka hingga pukul 13.00 WIB. Tarifnya relatif murah, untuk umum Rp. 2000, pelajar Rp. 1000 tentu saja kalau anda datang berombongan lebih dari 20 orang tarifnya akan lebih murah

Foto lainya:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment