Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Diposkan oleh kaka dika on Sunday, March 31, 2013

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu terletak di Desa Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat memiliki tinggi 2.084 meter dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang.

Obyek Wisata

kawah domas gunung tangkuban perahuBeberapa obyek wisata selain Kawah Ratu sebagai daya tarik utamanya, ada beberapa obyek wisata lainnya di lokasi ini. Sangat disarankan untuk mengunjungi obyek wisata alam lainnya ini. Sekitar 1 Km dari gerbang utama, Anda akan menemukan tempat parkir pertama yang ramai. Di situlah terdapat Kawah Domas. Anda diperbolehkan untuk mendatangi kawah ini, karena hanya berupa kawah kecil dengan semburan air panas. Tetapi Anda harus berjalan kaki sejauh 1.3 Km. Di Kawah Domas, Anda bisa memasak telur yang bisa disantap setelah matang dengan cara dimasukkan ke dalam kawah, Anda pun juga bisa merendam kaki untuk sekedar menghilangkan capek setelah berjalan mengelilingi Tangkuban Perahu. Setelah menikmati Kawah Domas, Anda bisa melanjutkan  perjalanan untuk melihat Kawah Upas yang berada tepat di seberang Kawah Ratu. Dalam perjalanan, Anda akan ditemani pemandangan yang sangat asri oleh pepohonan rindang di kanan kiri jalan. Ditempat ini, suasana jalannya cukup sepi karena pengunjungnya tidak banyak. Jika Anda lelah berjalan kaki, Anda bisa menyewa kuda dengan harga sewa Rp. 20.000,-.

Banyak sekali pedagang dan kios-kios yang siap menjual cinderamata, makanan atau minuman. Berbagai cinderamata mulai dari baju, selendang, topi, gelang/cincin, batu alam, tanaman bonsai, alat musik (angklung) hingga senjata tajam khas daerah Jawa Barat turut dijual di lokasi ini. Kedai makanan dan minuman juga tampak berderet siap melayani pembeli.

Salah satu penampilan kesenian tradisional Jawa Barat yaitu Sisingaan yang dimainkan oleh beberapa orang pria. Kesenian ini cukup menarik minat para wisatawan baik lokal dan mancanegara yang ingin langsung menyaksikannya.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk di obyek wisata ini adalah Rp. 12.500,-/orang, Rp. 9.000,-/mobil, Rp. 4.000,-/motor, dan Rp. 17.500,-/bus.

Foto Lainya:







{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment