Wisata Kawah Ijen

Diposkan oleh kaka dika on Sunday, March 17, 2013


 

Ijen adalah sebuah daerah kompleks vulkanik, yang terdiri dari kawah dan dataran tinggi Ijen, yang memiliki ketinggian 2.600 M dan 8.660 M. Kawah Ijen merupakan kawasan cagar alam dan taman wisata yang dikelola oleh Taman Nasional Baluran. Ijen terletak dalam tiga bagian kabupaten, yaitu Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi, Jawa Timur. Daerah ini menjadi daerah vulkanik gunung berapi yang paling besar dan memukau di Jawa Timur.

Banyak orang menyebut Kawah Ijen sebagai salah satu kawah gunung berapi yang paling menakjubkan di Indonesia. Obyek wisata yang terletak di Bondowoso, Jawa Timur, Indonesia. Kawah ini memiliki sebuah danau dengan volume 36 juta meter kubik. Danau ini kaya dengan kandungan asam sulfat dan hidrogen klorida. Ini adalah 2 asam terkuat yang pernah ada.

Kawah Ijen merupakan salah satu kawah yang palin asam di dunia. Karena keasamannya, bahkan air di kawah ini bisa menghancurkan baju dengan cepat.

Bukan hanya itu, suhu air di kawah mencapai 200 derajat celsius. Warna kawah yang kehijauan yang terletak di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Keindahan kawah ini akan lebih terlihat di malam hari. sekitar pukul 2 malam, kawah dengan volume 200 juta meter kubik akan memancarkan cahaya biru merah. Fenomena ini sangat indah dan itu akan membuat Anda menahan nafas sejenak. Warna-warna cerah yang berasal dari suhu tinggi di kawah ini.

Secara geografis kawah ijen terletak di Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang berada di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.Kawah tersebut berada di puncak gunung ijen yang merupakan deretan gunung berapi di jawa timur seperti gunung bromo,gunung merapi dan gunung semeru.Atau lebih tepatnya gunung ijen terletak di sebelah timur gunung merapi.Gunung merapi tersebut bukan gunung merapi yang ada di jawa tengah,di jawa timur juga ada gunung yang bernama gunung merapi.
 

Jika Anda berada di puncak gunung ini di pagi hari, Anda akan dapat melihat asap yang sangat tebal keluar dari dalam kawah. Ini saat-saat yang disukai oleh para wisatawan, tak heran jika tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun internasional. Secara geologis, Kawah Ijen terbentuk oleh letusan Gunung Ijen. Setelah letusan, gunung ini membentuk sebuah lubang yang sangat besar, kemudian diisi dengan air yang membentuk kawah.

Untuk menuju kawah ijen dapat ditempuh dari Surabaya menuju bondowoso maupun banyuwangi.Jarak dari Surabaya hingga bondowoso maupun Banyuwangi sekitar 200 Km.Apabila anda melewati jalur Banyuwangi ,bersiap-siaplah untuk melewati jalan yang kondisinya cukup rusak.Biasanya yang melewati jalur ini adalah para pendaki untuk melakukan pendakian di Gunung Ijen.Rute ini dapat ditempuh dengan melewati Banyuwangi-licin-jambu-paltuding.Dari paltuding ini anda harus berjalan kaki karena hanya ada jalan setapak untuk menuju kawah ijen.Namun apabila anda melewati jalur Bondowoso, kondisi jalan masih relatif bagus.Jalur ini dapat ditempuh dengan rute Bondowoso-wonosari-sempol dan terakhir Paltuding.khusus warga jember rute utara.

Foto lainya:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment