Berwisata ke Istana Bogor, Bogor - Jawa Barat

Diposkan oleh kaka dika on Thursday, April 4, 2013

Istana Kepresidenan Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No.1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kotamadya Bogor, Provinsi Jawa Barat, sekitar 60 kilometer dari Jakarta atau 43 kilometer dari Cipanas. Istana ini berada di pusat kota Bogor, di atas tanah berkultur datar, seluas sekitar 28, 86 hektar, di ketinggian 290 meter dari permukaan laut. Lihat Juga "Berwisata ke Istana Bogor, Bogor - Jawa Barat "

Di halamannya yang sangat luas tersebut dipelihara sekitar 591 ekor rusa tutul, dan terdapat sekitar 346 jenis pepohonan. Juga terdapat patung - patung yang cantik, seperti Si Denok karya Trubus, yang modelnya adalah Ara, istri seorang karyawan Istana Bogor serta The Hand of God, reproduksi dari Swedia.

Dari beberapa sumber informasi yang penulis dapatkan, Kebun Raya  Bogor  memiliki area seluas 80 hektar serta dipenuhi pepohonan dengan 15.000 jenis koleksi pohonan dan tumbuhan. Dan tercatat sebagai kubun botani tertua di Asia.

Kebun Raya Bogor sangat cocok sebagai tempat untuk kegiatan wisata edukasi observasi alam. Dari pengamatan penulis dilokasi, lokasi Kebun Raya Bogor  juga terdapat museum hewan (museum zoologi), perpustakaan, koleksi anggrek, serta pusat riset dan pengembangan  biologi.

Dimana ribuan koleksi spesies tanaman tropis dikelompokan sesuai jenisnya, misalnya dari spesies keluarga palem, bambu, jahe, dan pastinya pohon tua yang langka dan umurnya mencapai ratusan tahun kita dapat jumpai di Kebun Raya Bogor.

Koleksi tanaman dari zaman penjajahan Inggris dan Belanda semuanya ada di Kebun Raya Bogor  ini. Jadi jangan heran bila kita berkunjung di lokasi Kebun Raya Bogor ini kita akan menemukan tanaman pohon dan tumbuhan yang usianya sudah tua, bahkan sudah langka sekalipun.

Yang terpenting pada saat kita akan melakukan wisata di lokasi Kebun Raya Bogor ada beberapa tips
 
1. Usahakan agar memnggunakan pakaian lengan panjang, atau pergunakanlah lotion anti nyamuk    untuk melindungi kulit kita dari gigitan serangga. 
2. Bawalah topi, air dan makanan secukupnya. Karena di dalam area tidak terdapat orang berjualan makanan.
3. Bagi yang tidak membawa bekal air dan makanan, kita bisa coba mampir ke salah satu cafe yang terdapat tidak jauh dari lokasi pintu masuk untuk mencoba makanan khas Sunda.

Waktu Berkunjung Kebon Raya Bogor : Pukul  08:00-17:00
Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor ; Rp. 9.500,- / orang

Foto Lainya:

Atrium dari ruang pertemuan istana bogor

Koleksi patung di istana bogor, kota bogor - jawa barat


Bagian depan Istana bogor - kota bogor, jawa barat

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment