Museum Purna Bhakti Pertiwi

Diposkan oleh kaka dika on Tuesday, April 16, 2013


Museum yang mempunyai kemegahan dari bentuk bangunan dengan volume areal tanah serta bangunan yang cukup ideal untuk sesuatu museum, tempati areal dengan luas 20 ha serta 2, 5 ha. luas bangunan amat sangat mungkin untuk mengeksplorasi dengan optimal sesuatu museum. dan bangunan yang teratur dengan rencana moderen yang bertumpu pada khasanah budaya jawa adalah sesuatu refleksi hasrat dari penggagas yakni ibu tien soeharto. kehadiran museum ini dapat menarik perhatian penduduk, perhatian yang cukup besar tersebut dapat kita tengok dari banyaknya pengunjung yang terekam melewati data statistik pengunjung, jadikan museum purna bhakti pertiwi masuk didalam kelompok pengunjung terbanyak, walau kecenderungannya angka kunjungan alami penurunan jumlah didalam dekade ke 2 ini.
Di seantero taman mini indonesia indah ( tmii ) sekarang ini terasa tidak ada area lain yang lebih menarik untuk dikunjungi jika museum purna bhakti pertiwi ( mpbp ). maklum, museum megah ini diisi benda-benda yang punya sangkut-paut dengan bekas presiden soeharto.
Museum ini diresmikan pada tanggal 23 agustus 1993 oleh presiden soeharto yang bertepatan dengan hari lagi th. ke-70 ny tien soeharto, yang juga jadi penggagas pendiriannya. luas museum dengan total yaitu 25. 095 mtr. persegi diatas tanah seluas 19, 7 hektar.
Memasuki bangunan yang arsitekturnya serupa nasi tumpeng itu -melambangkan rasa syukur, keselamatan serta keabadian- pengunjung disambut dua patung panyembrama, patung selamat datang. patung karya seniman dewa made windia sumbangan ny siti hardiyanti rukmana ini, terbuat dari lempengan duit kepeng dengan tinggi 240 sentimeter. panyembrama yaitu tarian bali yang biasa diperagakan untuk penyambutan tamu-tamu terhormat.
MPBP terdiri atas bangunan utama enam lantai dengan tinggi 45 mtr. hingga puncak ornamen lidah api berwarna keemasan diatas kerucut terbesar. sembilan kerucut kecil yang lain memutari kerucut terbesar. area utama diapit empat tumpengan warna kuning. area paling depan yaitu area perjuangan, dikitari area spesial, area asthabrata, serta area perpustakaan.

Di area utama tersimpan beragam macam cinderamata persembahan tamu negara ri, kenalan atau sahabat presiden soeharto. namun juga ada cinderamata persembahan tamu-tamu atau pejabat didalam negeri. seluruh cinderamata tersimpan didalam kotak kaca. diantaranya, cinderamata pemberian pm kamboja hun sen serta pm malaysia mahathir mohamad tiap-tiap berbentuk area sirih terbuat dari perak. dari pm belanda lubbers berbentuk patung burung dara terbuat dari perak, presiden meksiko carlos salinas de gortari berbentuk kerajinan perak berupa labu, serta presiden kazakstan nursultan nazarbayev berbentuk seperangkat piring perak. ada banyak lagi.
Cinderamata pemberian pejabat atau teman kerja bekas presiden soeharto ataupun ny tien soeharto, semisal sesuatu kerajinan batu hias berbentuk mangkok persembahan istri bupati tulungagung. pada cinderamata itu tertulis : dipersembahkan pada ibu tien soeharto dari ny hardjanti poernanto.
Koleksi museum purna bhakti pertiwi dengan jumlah tidak kurang dari 17. 000 item belum terhitung koleksi pustaka pada perpustakaan museum yakni 5000 judul buku serta 4500 album photo, yaitu sesuatu persoalan, butuh penanganan dengan serius dan diperlukan sumber daya manusia yang berkwalitas didalam skala yang cukup banyak, pastinya perihal ini adalah sesuatu persoalan tersendiri. Lihat juga Candi Lumbung - Magelang


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment