Sumatra Barat

Diposkan oleh vera Dika on Saturday, November 17, 2012

A. Rumah adat Sumatera Barat
 
 
Rumah Gadang merupakan Rumah adat yang berasal dari Sumatera Barat, berasal dari suku Minangkabau. Rumah adat ini biasanya didirikan diatas tanah milik keluarga induk dalam suku/kaum tersebut secara turun temurun.

Bentuk Rumah Gadang ini empat persegi panjang dan terbagi atas dua bagian yaitu muka dan belakang, Rumah Gadang terbuat dari bahan kayu, dan kalu di lihat sekilas hampir menyerupai rumah panggung. Salah satu kekhasan dari rumah adat ini dalam proses pembuatannya adalah tidak memakai paku besi tapi hanya menggunakan pasak yang terbuat dari bahan kayu.

Seni Tari sumatra barat
Seni Tari tradisioanal yang berasal dari sumatra Barat biasanya berasal dari adat budaya suku minangkabau umumnya sangat dipengaruhi oleh agama islam. Terdapat beberapa tarian daerah seperti Tari Persembahan, Tari Payung Tari Indang dan Tari Piring.

Galeri Foto:
 
 
 
a. Tari Persembahan

Tarian yang dilakukan untuk menyambut tamu tamu angung,tarian ini merupakan tarian baru yang dibuat sedemikian rupa mirip dengan tari kejei.

Galeri Foto:
 
 
[source]
http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Barat
http://indonesia-liek.blogspot.com/2010/12/budaya-sumatera-barat-seni-kebudayaan.html 
 
b. Tari Payung
 
Tari Payung adalah salah satu tari klasik dari Daerah Minang dan menggambarkan kasih sayang seorang kekasih yang dilambangkan dengan melindungi dengan payungnya.Tarian ini memang merupakan tari pergaulan muda-mudi sehingga dibawakan secara berpasang-pasangan. Selain menggunakan payung sebagai alat bantu yang dimainkan oleh penari pria, bisa juga ditambah dengan selendang untuk penari wanita.Musiknya cukup variatif, mulai dari agak pelan, lalu agak cepat dan cepat, sangat dinamis. Tari ini biasa dibawakan untuk memeriahkan acara pesta, pameran, dan lain sebagainya.

Galeri Foto:
 
 
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Barat
 
c. Tari Indang
 
Indang adalah salah satu kesenian anak nagari Pariaman yang sudah berkembang sejak abad ke 13 seiring dengan masuknya agama Islam ke Minangkabau. Kesenian ini dimainkan oleh 13 orang penari plus 1 orang tukang dzikir. Pemain memainkan alat musik tambourin mini yang disebut dengan rapai. Biasanya kesenian ini ditampilkan pada malam hari. Syair indang yang disebut dengan radaik berisikan shalawat nabi, hikayat dan cerita keagamaan. Pengunjung bisa menikmati indang di pasar malam, pesta nagari, atau acara tradisional lainnya.

Galeri Foto: 
 



Sumber: http://www.pariamankota.go.id/pariwisata/36/tari-indang.html

d. Tari Piring
 
Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisonal di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan.

Galeti Foto: 
 
 
 
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Piring


C. Jam Gadang
 
Jam Gadang adalah sebutan yang diberikan masyarakat Minangkabau kepada bangunan menara jam itu, karena memang menara itu mempunyai jam yang “gadang”, atau “jam yang besar” (jam gadang=jam besar; “gadang” berarti besar dalam bahasa Minangkabau).

Galeri Foto: 
 

umber: http://id.wikipedia.org/wiki/Sumatera_Barat
 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment