Bersantai menikmati pantai Indrayanti

Diposkan oleh Unknown on Tuesday, December 18, 2012

Bila ada yang bertanya pantai apa di Yogyakarta yang paling populer saat ini, jawabannya mungkin sudah bukan Parangtritis lagi. Sambutlah primadona baru: Pantai Indrayanti.

Indrayanti bukanlah nama resmi pantai ini. Sesuai nama yang diberikan Pemerintah Kab Gunungkidul, nama resminya adalah Pantai Pulang Syawal. Lalu dari mana “Indrayanti” berasal? Rupanya, dari salah satu kafe terkenal yang terdapat di pantai itu.

                        Pasir putih Pantai Indrayanti mengundang wisatawan untuk bermain.

Apa yang membedakan Pantai Indrayanti dari pantai-pantai lain di Yogyakarta sehingga menjadi sangat populer? Pantai berpasir putih halus ini cukup panjang, sekitar 500 meter. Dengan pasir seperti itu, pantai ini sangat cocok untuk membawa keluarga. Topografi ini berbeda dengan banyak pantai lain di Gunungkidul yang justru menawarkan keindahan lain berupa karang-karang di bibir pantainya. Walaupun pantainya relatif panjang, lebar pantai termasuk pendek sehingga ketika air pasang area berpasir jadi semakin sempit.

                                 Salah satu pilihan penginapan di Pantai Indrayanti.

Keunggulan lain? Tepi pantai dipenuhi oleh kafe-kafe dan restoran. Bagi sebagian orang, kondisi ini mungkin dianggap mengganggu karena merusak pemandangan yang alami. Namun bagi banyak orang lainnya, ini justru menyenangkan karena mereka dapat bersantai dengan nyaman di salah satu restoran sambil menikmati suara deburan ombak.

Adanya kafe-kafe semacam ini tentu mengingatkan saya akan pantai di Bali atau Lombok. Indrayanti mungkin masih menjadi satu-satunya pantai dengan kafe dan restoran karena di pantai-pantai lain biasanya hanya ada warung-warung tradisional yang didirikan oleh penduduk setempat.

                 Kafe-kafe pinggir pantai yang juga menyediakan peralatan olahraga air.
 
Pantai Indrayanti menawarkan pemandangan yang indah, dengan tebing karang tampak di sisi kiri. Ombaknya besar, ciri khas Samudera Hindia, jadi pengunjung harus berhati-hati. Anda bisa berselancar, bermain banana boat dan jet ski di sini.

Pantai Indrayanti yang termasuk pantai baru ini juga memiliki cukup banyak pilihan akomodasi. Beberapa penginapan bahkan terletak tepat di tepi pantai. Jangan mengharapkan resor mewah, kebanyakan berupa penginapan dengan fasilitas standar.

 
Pantai Somandeng berada tepat di sebelah Indrayanti

Walau tidak mewah, penginapan-penginapan tersebut cukup menyenangkan dan bersih. Harganya juga terjangkau. Lagipula, siapa sih yang memerlukan TV kabel atau bathtub dalam kamar, bila pantai berpasir putih dengan pemandangan menakjubkan hanya beberapa langkah dari kamar?

Indrayanti terletak sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, bisa dicapai melalui Jalan Yogya-Wonosari. Akan banyak petunjuk arah yang membantu Anda menemukannya. Tapi ingat, petunjuk jalan hanya tersedia bagi Pantai Pulang Syawal (yang merupakan nama resmi Indrayanti). Selamat bertualang!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment