Wisata Air Terjun Dolo

Diposkan oleh kaka dika on Thursday, January 17, 2013

Tempat wisata ini terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Kediri ke arah barat, kurang lebih 25 kilometer. Meski agak jauh, tapi pemandangan di sepanjang jalan menuju lokasi terbilang sangat indah dan asri.

Perjalanan ke Wisata Air Terjun Dolo memang lumayan memakan waktu, sekitar dua jam dari Pare atau sekitar satu jam dari kota Kediri. Tetapi perjalanan itu tidak akan terasa dengan pemandangan di kanan dan kiri yang terasa sejuk karena di daerah tersebut sering turun hujan.
Gerbang masuk
Jika kuat menyusuri 4 km lagi, Anda akan menemukan panorama menakjubkan dengan sejuta tantangan untuk menikmatinya yaitu air terjun kedua, yakni air terjun Dolo. Meski hanya berjarak 4 km dari air terjun Irenggolo, tampak terasa jauh karena akses jalan masih berupa hutan perawan yang sangat menantang dengan kealamian yang masih terasa. Tidak hanya sampai di situ tantangan yang diberikan sebelum menikmati pesona air terjun Dolo. Kita harus menyusuri kurang lebih seribu anak tangga berbentuk batuan yang masih alami, melingkari daerah tersebut. Bebatuan tersebut menambah pesona dan nilai tersendiri yang membedakan dengan air terjun ditempat lain.

Dijamin tidak akan rugi jika sudah mencapai air terjunnya. Rasa lelah akan segera terbayarkan oleh kesejukan yang diberikan air terjun Dolo yang tumpahan airnya terbagi menjadi tiga bagian.
Setelah dibekukan oleh dinginnya Air Terjun Dolo, pengunjung dapat memanaskan suasana dengan menikmati fasilitas pariwisata yang tersedia seperti Joging ataupun Hiking Area. Bagi yang membawa keluarga dapat mengajaknya ke taman bermain yang tersedia. Tersedia pula Camping Ground bagi pengunjung yang ingin tinggal dan menikmati suasana kawasan ini lebih lama. Beberapa meter dari air terjun, kita dapat menemukan kebun sayur dan strowberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu, pengunjung bisa membeli sayuran dan stroberi yang masih segar bahkan bisa langsung dapat memetiknya sendiri dari pohon.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan suasana dingin disarankan untuk membawa mantel atau baju hangat agar tetap bisa menikmati perjalanan Anda, karena dilokasi biasanya selalu diliputi mendung dan kabut yang tebal ditambah lagi kadar air yang cukup tinggi.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment