Keindahan Wisata Alam Pulau Marsegu

Diposkan oleh kaka dika on Saturday, May 18, 2013



Pulau marsegu terdapat dibagian barat pulau seram ( nusa ina / pulau ibu ) yang populer mempunyai taman nasional manusela. dengan administratif pulau marsegu terhitung dalam kabupaten seram sisi barat, provinsi maluku. pulau ini diberikan nama oleh masyarakat sebagai “pulau marsegu” dikarenakan memiliki satwa kelelawar yang demikian banyak. kata marsegu datang dari bahasa tempat yang bermakna kelelawar. dalam pikiran tentu terlintas layaknya tokoh menyeramkan yakni “drakula” penghisap darah, manusia yang menjelma jadi kelelawar. namun pulau ini tidak menyeramkan apalagi beragam keindahan bisa didapati disana, sebagai area rekreasi serta area mengembangkan ilmu dan pengetahuan tak perlu diragukan lagi.

Pulau ini diberikan nama oleh masyarakat sebagai “pulau marsegu” dikarenakan memiliki satwa kelelawar yang demikian banyak. kata marsegu datang dari bahasa tempat yang bermakna kelelawar. dalam pikiran tentu terlintas layaknya tokoh menyeramkan yakni “drakula” penghisap darah, manusia yang menjelma jadi kelelawar. namun pulau ini tidak menyeramkan apalagi beragam keindahan bisa didapati disana, sebagai area rekreasi serta area mengembangkan ilmu dan pengetahuan tak perlu diragukan lagi.

Lokasi lautnya merupakan taman wisata alam laut seluas 10. 000 ha. potensi sumberdaya alam laut yang cukup besar, terumbu karang beragam warna yang bisa disaksikan keindahannya. beragam corak kehidupan laut dengan ikan karang yang beragam macam bentuk serta ukuran.

Pulau marsegu atau pulau kelelawar merupakan lokasi rimba lindung, luasnya 240, 20 ha. lokasi lautnya merupakan taman wisata alam laut seluas 10. 000 ha. potensi sumberdaya alam laut yang cukup besar, terumbu karang beragam warna yang bisa disaksikan keindahannya. beragam corak kehidupan laut dengan ikan karang yang beragam macam bentuk serta ukuran.

Untuk yang suka makanan laut ( seafood ) bisa nikmati sepuasnya di pulau ini. akan memancing sendiri atau bisa juga beli dari masyarakat di lebih kurang pulau ini yang penghidupannya bersumber dari laut.

Di pulau marsegu bisa ditemukan beragam komune rimba salah satunya : rimba sekunder yang disebut hasil tindakan dari masyarakat sebagai tempat untuk berkebun. komune rimba sekunder ini merupakan rimba yang tumbuh diatas batu karang, dengan bertahap sudah berlangsung sistem pelapukan. dahulunya tempat ini merupakan rimba primer dengan diameter pohon kian lebih 100 cm, namun sudah ditebang serta jadikan tempat untuk menanam umbi-umbian sebagai bahan makanan.


Dibagian timur dari pulau marsegu ada vegetasi rimba pantai yang memiliki pantai pasir putih selama 1600 mtr.. type vegetasi yang ada pada zone ini yaitu cordia subcordata, pongamia pinnata, terminalia catappa serta baringtonia asiatica. dibagian utara pantai pasir putih ada zone ipomea pescaprae yang didominasi oleh rumput angin ( spinifex littoreus ) serta katang-katang ( ipomea pescaprae ). lokasi ini merupakan obyek wisata yang menarik untuk nikmati panorama laut dan menghirup hawa pantai yang fresh. Lihat juga Pesona air terjun sri gethuk

A. Keistimewaan

Di rimba ini sangat banyak didapati kelelawar. bisa didapati juga beragam satwa endemik yang dilindungi layaknya burung gosong ( megaphodius reinwardtii ) serta kepiting kelapa ( birgus latro ) yang dalam bahasa daerahnya dimaksud kepiting kenari.

Karenanya ada beragam jenis satwa serta type tetumbuhan, pengunjung sekalian bisa belajar mengenai banyak perihal perihal bermacam type lingkungan hidup yang ada dalam pulau marsegu ini.

B. Aksesibilitas ke pulau marsegu dari kota ambon sebagai ibu kota provinsi bisa ditempuh melewati rute :

Ambon – hunimua. ( jalur darat )
Hunimua – waipirit ( pulau seram ) memakai ferry ( , 5 jam )
Waipirit – piru – pelita jaya. ( jalur darat ± 56 km )
Pelita jaya – pulau marsegu. ( jalur laut ± 5 km )

c. Tiket masuk

tiap-tiap pengunjung tidak dikenakan cost tiket masuk.

{ 3 komentar... read them below or add one }

Post a Comment