Keindahan Wisata Air Terjun Sendang Gile Lombok

Diposkan oleh kaka dika on Wednesday, June 5, 2013


Air Terjun Sendang Gila (baca gile) terletak di ketinggian 600 m di atas permukaan laut (dpl) dan memiliki ketinggian kurang lebih 31 meter.  Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan, dimana tingkat pertama muncul dari atas tebing dan jatuh ke dasar kolam dibawahnya.  Selanjutnya dari kolam ini air meluncur ke bawah membentuk tingkatan kedua dan jatuh membentuk sungai yang ada di bawahnya. Dasar air sungai ini relatif datar, sehingga banyak orang yang mandi di bawah air terjun.  Lokasi wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air terjun Sendang Gile berada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Airnya sangat sejuk dan dingin karena berasal dari Gunung Rinjani. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter ini berada pada ketinggian 600 meter dpl. Air yang turun dari atas tebing langsung meluncur ke sebuah sungai yang dangkal yang sering digunakan pengunjung untuk berendam dan bermain air.

 Untuk mencapai lokasi air terjun ini kita harus melewati ratusan anak tangga dan menyeberangi jembatan beton berlubang melalui sebuah lembah yang memerlukan waktu 15 menit. Cukup melelahkan tapi sebanding dengan apa yang kita dapatkan.

Dari Mataram, ibukota Nusa Tenggara Barat, air terjun ini berjarak 60 km dan bisa ditempuh selama 2,5-3 jam dengan kendaraan pribadi. Apabila dengan kendaraan umum dari Mataram hanya sampai di Bayan. Dari Bayan naik ojek ke Senaru, setelah itu masuk melewati ratusan anak tangga yang saya sebutkan diatas. Untuk tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang.

Sebelum menikmati keindahan air terjun yang menakjubkan, pelancong yang telah sampai dalam pintu masuk objek wisata air terjun Sendang Gile mampu mencicipi plecing khas pulau Lombok yang top pedas dan enak. Selain untuk memanjakan lidah, plecing khas pulau Lombok itu dapat jadi penambah tenaga. Dikarenakan, untuk sampai di lokasi air terjun, pengunjung diwajibkan bersiap menuruni anak tangga sejumlah 500 anak tangga atau perjalanan sekitar 10 menit berjalan kaki.


{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment