Air TerjunCurug Cikaso di Sukabumi

Diposkan oleh kaka dika on Sunday, April 21, 2013



Curug cikaso adalah sesuatu tempat wisata air terjun yang terdapat di kampung ciniti, desa cibitung, kecamatan surade, kabupaten sukabumi, jawa barat. nama asli air terjun ini sesungguhnya yaitu curug luhur, namun dikarenakan air terjun tersebut mengalir dari anak sungai cikaso bikin umumnya orang menyebutnya curug cikaso atau air terjun cikaso. Lihat juga Wisata di Tana Toraja .

Curug cikaso datang dari aliran sungai cikaso ini terdiri dari paduan 3 curug yakni curug asepan, curug meong, curug aki. ketingginan curug ini meraih 80 mtr. dan lebar lebih kurang 100 mtr..

Curug cikaso sesungguhnya bernama curug ciniti, sesuai nama kampung lokasi tersebut, tetapi dikarenakan melalui aliran sungai cikaso, maka masyarakat semakin banyak menyebutnya dengan nama curug cikaso.

Untuk meraih lokasi curug, bisa ditempuh dengan jalan kaki menyusuri pematang sawah atau menyewa perahu motor. sewa satu paket perahu motor dapat diantar pulang-pergi dengan muatan optimal 10 orang serta perahu motor ini dapat menanti sepanjang 3 jam.

Bentuk air terjun cikaso ini mempunyai lebar 100 mtr. serta mempunyai ketinggian lebih kurang 30 mtr.. air terjun cikaso ini terdiri dari tiga aliran air yang turun ke kolam penampungan dibawahnya dengan warna air yang biru kehijauan. dua aliran air terjun tersebut amat jelas tampak, namun satu aliran lagi agak bersembunyi di balik tebing. serta uniknya ketiga anak air terjun cikaso ini mempunyai nama yang berlainan. sebelah kiri bernama curug asepan, sedang bernama curug meong, namun yang sangat kanan bernama curug aki. ketiga air terjun tersebut membentuk satu kesatuan air terjun cikaso yang amat indah.
 
Ketiga air terjun sebagai satu tersebut mempunyai nama tiap-tiap. sebelah kiri bernama curug asepan, sedang bernama curug meong, namun yang sangat kanan bernama curug aki. ketiga air terjun tersebut membentuk satu kesatuan air terjun cikaso yang amat indah.

Untuk sarana ada sebagian warung makanan serta kios-kios yang jual souvenir. juga ada dua buah toilet untuk ubah baju. tiket masuknya sendiri amat murah yakni rp 2 ribu per orang namun untuk menuju lokasi air terjun ini yang cukup melelahkan.

Tiket Serta Parkir

Tiket masuk yaitu rp 2000 per orang.


Sarana serta akomodasi

sarana yang ada diantaranya ada sebagian warung makan serta kios yang jual suvenir. juga ada dua buah toilet. sayangnya area sampah tak ada hingga banyak sampah berserakan dimana-mana. tak hanya sampah yang dihasilkan oleh warung serta pengunjung juga sampah ini datang dari limpahan dari hulu sungai air curug yang terbawa waktu hujan besar serta banjir.

Foto lainya:





{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment