Museum Wayang Indonesia

Diposkan oleh kaka dika on Wednesday, February 27, 2013

Museum Wayang Kulit adalah sebuah museum yang berlokasi di Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Jarak dari kota sekitar 15 km dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi dalam waktu kurang dari 30 menit.Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Bupati Begug Poernomosidi yang juga seorang dalang di kabupaten Wonogiri. Museum Wayang Indonesia terletak di dalam kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan Wuryantoro kabupaten Wonogiri pada Jalan Raya Wonogiri – Pracimantoro km 13. Diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnopoetri, Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, pada tanggal 1 September 2004. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan buka tiap hari kerja dari Senin – Sabtu pukul 07.00 – 14.00.

Begitu memasuki halaman museum, anda sudah bisa memulai memutar rekaman sejarah Indonesia itu. Di pojok kiri depan museum, terdapat kompleks bangunan manusia purba yang menggambarkan asal muasal manusia Indonesia. Tak jauh darinya, terdapat kompleks Austronesia, menggambarkan masuknya peradaban baru ke Indonesia sehingga pertanian dan perdagangan menjadi maju, terutama berkat kedatangan orang-orang Cina.

Di bagian depan halaman museum, terdapat patung singa Borobudur, menandai masuknya peradaban Hindu Budha abad 1 - 7 dengan Candi Borobudur sebagai puncak keagungan kebudayaannya. Kompleks menara air dengan atap berbentuk candi terletak di bagian kanan belakang museum, menggambarkan kejayaan Majapahit yang berhasil mempersatukan hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini, bahkan hingga wilayah Malaysia dan Thailand sekarang.

Simbol kemajuan peradaban Islam yang menjadi babak sejarah berikutnya di Indonesia setelah kejayaan Hindu Budha dilambangkan oleh Menara Kudus. Sementara, Kompleks Pancuran Bidadari yang berada di kiri tengah museum melambangkan pengaruh bangsa Belanda yang menjajah Indonesia selama 350 tahun. Kedua kompleks tersebut mencerminkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di Indonesia pada abad 16.

Koleksi Wayang di dalam Museum ini terdiri dari beberapa perangkat Wayang Kulit, Wayang Golek, berbagai topeng, wayang kaca, wayang seng, lukisan dan boneka-boneka dari luar negeri. Beberapa koleksi langka dari Nusantara antara lain Wayang Intan, Wayang Suket, Wayang Beber dan Wayang Revolusi. Di dalamnya juga ada boneka terkenal lho, yaitu si Unyil dan teman-temannya, yang sempat ditayangkan di TVRI tahun 80an.

Di tengah gedung di lantai dasar terdapat Taman, disebutnya Taman Museum Wayang. Disana terlihat beberapa prasasti peninggalan Belanda diantaranya Jan Pieterszoon Coen tahun 1634. Juga terdapat Ruang Punakawan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan seperti : Seminar, Sarasehan, pergelaran, pertunjukan mini dll. Dan secara berkala Museum Wayang menampilan pertunjukkan pada pukul 10.00 – 14.00 setiap hari Minggu ke-2 (Pergelaran Wayang Golek) dan hari Minggu terakhir (Pergelaran Wayang Kulit), tapi untuk memastikannya, silahkan menelpon kesana terlebih dahulu.

Saat ini sedang Museum Wayang melakukan ekspansi ke gedung baru disebelahnya. Terlihat bangunan hampir selesai, dan desainnya modern. Dilengkapi dengan lift untuk memudahkan kaum difabel atau orang lanjut usia.

Di museum ini pula, anda bisa mencocokkan zodiak anda dengan tokoh-tokoh dalam pewayangan dan meramal perwatakan anda lewat poster seukuran A3 yang digantung, anda bisa membacanya dengan jelas. Ada pula poster lain yang menggambarkan strategi perang yang dipakai ketika Perang Barathayudha, baik oleh Pandawa maupun Kurawa, yang berhasil diterapkan untuk menakhlukkan lawan. Beberapa strateginya adaladalah strategi Sapit Urang dan Gajah.

Alamat:
MUSEUM WAYANG KEKAYON
Jl. Raya Yogya-Wonosari Km 7, No. 277
Yogyakarta

Telepon 0274-379 058

Jam Kunjungan:
Selasa-Minggu 08.00 - 15.00
Senin tutup

Tiket:

Umum/pelajar Rp 7.000
Turis mancanegara Rp 10.000
Kamera Rp 10.000

Foto Galeri:








More aboutMuseum Wayang Indonesia

Keindahan Agrowisata Kaligua Kebun Teh di Brebes

Diposkan oleh kaka dika


Perkebunan teh Kaligua merupakan kawasan wisata agro dataran tinggi yang terletak Kaligua di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian Selatan. Wisata agro Kaligua dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah dan merupakan diversifikasi usaha untuk meningkatkan optimalisasi aset perusahaan dengan daya dukung potensi alam yang indah. Hasil pengolahan perkebunan teh Kaligua adalah berupa produk hilir teh hitam (black tea) dengan merk “Kaligua” dalam kemasan teh celup dan serbuk.

Kali goa terletak antara 15 kilometer dari bumiayu atau 10 kilometer dari Paguyangan. Untuk mencapainya bisa melalui jalur utama cirebon bumiayu kali goa atau dari selatan purwokerto bumiayu kaligua. Saat ini jalan jalan di Kali gua sudah cukup bagus karena sudah di aspal tak seperti sebelumnya yang masih bebatuan sehingga untuk mencapai lokawisata kali gua semakin mudah bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil.

Wisata Kali gua terletak di ketinggian 1200 sampai 2000 m diatas permukaan laut. Suhu di tempat ini berkisar 4 sampai 12 derajat celcius saat hujan atau saat normal antara 8 hingga 22 derajat celcius. Hampir setiap saat kali gua selalu diselimuti kabut.

Pintu Masuk Kaligoa

Rekreasi di Kali GuaUdara bersih serta pemandangan yang sungguh indah dapat kita lihat di kali gua. Di sini kita juga bisa menikmati keindahan panorama puncak gunung selamet gunung tertinggi ke dua dipulau jawa. Selain itu di tempat tempat menarik di kali gua yang dapat kita temui adalah gua jepang, tuk benih ( sumber mata air ), gua angin, dan tentunya kebun teh yang indah terbentang luas. Fasilitas di kali gua juga cukup baik mulai dari penginapan, wisma, area camping, Out bound, tempat olah raga dan banyak lagi.

Selain itu di kali gua juga terdapat kolam ikan yang dianggap keramat dimana kolam tersebut dipenuhi dengan ikan lele. Kolam tersebut dikenal dengan telaga renjeng oleh warga sekitar. Konon tak ada yang berani menangkap ikan lele di telaga renjeng. Telaga Renjeng ini terletak di tengah hutan lindung dekat lokawisata kebun teh kali gua.

Jika anda berniat liburan, kali gua bisa menjadi pilihan anda berlibur bersama keluarga. Jalan jalan berekreasi menyusuri kebun teh bisa menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Anda akan dimanjakan dengan keindahan alamnya yang sungguh mempesona bahkan bisa dikatakan lebih indah dari lokawisata puncak bogor yang ada di jawa barat.

More aboutKeindahan Agrowisata Kaligua Kebun Teh di Brebes

Air Terjun Coban Rondo Malang

Diposkan oleh kaka dika on Tuesday, February 26, 2013


Wisata Malang - Air Terjun Coban Rondo juga merupakan salah satu obyek wana wisata yang dimiliki di Kabupaten Malang. Terletak ± 12 km dari Kota Batu, atau tepatnya di Desa Pandansari Kec. Pujon. Kawasan Wana Wisata Air Terjun Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh. Jalan masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan wisatawan apabila ingin mengunjungi obyek wana wisata ini

Air terjun Cobanrondo memiliki ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut, tepatnya didesa Pandesari Kecamatan Pujon, kabupaten malang. Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Objek wisata ini pertamakali dibangun pada tahun 1980 dan merupakan bagian dari wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH), Perum Perhutani Malang. Dari data statistik yang ada, air terjun Cobanrondo memiliki debit air 150 liter/detik, sedangkan pada musim kemarau hanya 90 liter/detik. Selain untuk tujuan wisata, air terjun Cobanrondo juga digunakan untuk pengelolaan air minum melalui PDAM untuk masayrakat Kecamatan PujonSelain wisata air terjun, wana wisata coban rondo juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah. Pada musim ospek maka bumi perkemahan di coban rondo ini sering penuh.

Untuk mencapai kawasan ini memang tidak mudah. Selain dituntut kehati-hatian, juga diperlukan tenaga ekstra. Pengunjung harus melewati aliran sungai dan menembus perbukitan yang tajam dan berkelok. Jalan setapak menuju lokasi amat sempit, licin dan curam. Sementara, di kiri kanan jalan setapak sepanjang 2km itu dikelilingi jurang. Namun begitu anda tiba di lokasi air terjun, rasa lelah akan segera berganti dengan rasa lega, senang, dan kagum akan keindahan pemandangan alam Coban Talun.

Dari Coban Rondo misalnya, pemikat uama serta mayoritas utama adalah Air Terjun, para pengunjung dapat mandi dibawah Air Terjun yang terletak didesa Pandesan, Pujon, Kab. Malang. Jalan-jalan lintas hutan merupakan aktifitas menarik, sambil menikmati suara Air Terjun dan kicauan burung di dusun. Bagi yang suka kamping, menejemen Perhutani menyediakan air yang sangat luas untuk mendukkung aktivitas out bound. Fasilitas pendukung lain disediakan kamar ganti, rumah makan, took Souvenir, dan lain-lainsekali-kali diramaikan atraksi gajah.


Air terjun Cobanrondo memiliki kolam penampungan air yang dangkal, dengan ketinggian yang tidak lebih tinggi dari betis orang dewasa, praktis tidak dimungkinkan bagi pengunjung untuk berenang di dalamnya. Namun dengan dangkalnya kolam penampungan air ini nampaknya mampu menarik minat pengunjung terutama anak-anak kecil untuk bermain-main air tanpa takut tenggelam. Bahkan beberapa anak kecil nampak berbaring atau tidur-tiduran di kolam penampungan air terjun tersebut sambil menikmati kesegaran airnya.  

Tiket dan Parkir

Tiket masuk ke air terjun ini sebesar Rp 3000.  Sedangkan biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 3.000 atau kendaraan roda dua sebesar Rp 1000.

Fasilitas dan Akomodasi

Di dalam area Coban Rondo banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga yang cukup terjangkau.  Juga tersedia sarana tempat beribadah bagi umat muslim, panggung terbuka, area camping ground dan toilet.

Untuk yang mencari tempat penginapan dapat diperoleh di daerah wisata Songgoriti, sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo.  Harga penginapan di daerah itu berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 per malam.

Berikut adalah gambar-gambar Air Terjun Coban Rondo Malang, klik saja gambarnya untuk memperbesar.








More aboutAir Terjun Coban Rondo Malang

RESEP NASI BAKAR ONCOM

Diposkan oleh kaka dika on Monday, February 25, 2013

NASI BAKAR ONCOM
BAHAN :
► 500 gr nasi pulen.
► 200 gr oncom potong dadu.
► 150 gr leunca.
► 4 btg daun bawang chung, potong 3 cm.
► 1 ikat daun kemangi, ambil daunnya.
► 150 ml santan.
► 3 bh cabai merah, iris serong.
► 3 bh cabai hijau, iris serong.
► 5 bh bawang merah, iris tipis.
► 3 siung bawang putih, iris tipis.
► 3 cm lengkuas, memarkan.
► 2 lbr daun salam.
► 3 sdm minyak untuk menumis.
► Daun pisang.
► Benang katun.

CARA MEMBUAT NASI BAKAR ONCOM :
► Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih hingga harum,
Lalu masukkan lengkuas, daun salam, cabai merah, cabai hijau, oncom, leunca,
daun bawang chung, daun kemangi, masak hingga matang.
► Masukkan nasi, santan, aduk rata dan kering.
► Ambil 2 lembar daun pisang, taruh 4 sendok makan nasi, bungkus panjang
seperti pepes, lipat kedua ujung daun ke dalam, lalu ikat dengan benang katun.
► Bakar nasi oncom di atas bara api hingga berwarna kecokelatan.

Untuk 5 orang
More aboutRESEP NASI BAKAR ONCOM

Museum Nasional Gajah Di Indonesia

Diposkan oleh kaka dika on Saturday, February 23, 2013

 
Taman Nasional gajah atau museum gajah dibangun  tahun 1862 yang terletak di jakarta pusat,tepatnya dijalan merdeka barat.
 oleh Pemerintah Belanda pada masa pemerintahan Gubernur Jendral JCM Radermacher sebagai dengan tujua n untuk riset ilmiah di Hindia Belanda. Museum ini diresmikan tahun 1868, secara institusi awal mula Museum ini lahir pada tahun 1778, lebih tepatnya pada tanggal 24 April,  saat pembentukan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen oleh pemerintah Belanda. Radermacher menyumbangkan sebuah gedung  bertempat di Jalan Kalibesar  dengan isi koleksi buku  buku dan benda  budaya yang menjadi dasar  pendirian museum ini. Museum ini dikenal dengan Museum nasional indonesia.

Nama Taman Nasional gajah  yang sebelumnya bernama Museum Nasional indonesia,  dikenal  sejak adanya patung gajah perunggu yang dihadiahkan oleh Raja Thailand Chulalongkorn  pada tahun 1871.Akan tetapi pada  tanggal 28 Mei 1979, nama resmi  Taman Nasional gajah  menjadi Museum Nasional Republik Indonesia. Setelah sebelumnya dikelola oleh Lembaga Kebudayaan Indonesia akhirnya Pada tanggal  17 September 1962, Museum ini diserahkan kepada pemerintah Republik Indonesia. Maka sejak saat  itu museum Nasional Republik Indonesia resmi dikelola oleh Direktorat Jendral Sejarah dan Arkeologi, di bawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dan pada tahun 2005, Museum Nasional Indonesia berada dikelola oleh  Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.
 

Museum Nasional, salah satu dari beberapa museum yang dikelola pemerintah, termasuk museum yang tertua di Indonesia, bahkan juga di seluruh kawasan Asia Tenggara. Museum Nasional lebih juga dikenal dengan Museum Gajah. Hal ini ditandai dengan adanya patung gajah pemberian Raja Thailand kepada Presiden Soekarno yang dipasang dihalaman depan museum. Dan layaknya seperti museum-museum lainnya di tanah air, Museum Nasional boleh dibilang sepi dari pengunjung. Hanya beberapa nama pengunjung dan wisatawan asing tampak tercantum tak lebih dari sepuluh baris di buku tamu saat itu. Padahal saat itu ada even khusus berupa pameran benda-benda yang berkaitan erat dengan perjuangan Jenderal Sudirman, namun masih tetap saja minim pengunjung.

 Museum Nasional Indonesia kebanyakan mengkoleksi benda kuno yang berasal dari  seluruh Nusantara. Mulai dari koleksi prasasti, arca-arca kuno, serta benda kuno lainnya selain itu juga ada barang-barang kerajinan . Benda benda tersebut dikategorikan ke dalam beberapa kategori meliputi :

   1. Koleksi Sejarah adalah koleksi berupa benda benda yang mengandung unsur dan nilai sejarah Indonesia serta benda  peninggalan dari masa pendudukan bangsa Eropa di Indonesia. Koleksi Sejarah ini meliputi benda perabot, keramik, meriam, gelas, gerabah, lampu hias, prasasti dan lain sebagainnya.
   2. Koleksi Geografi  yang ada di museum gajah adalah fosil toxaster dan fosil amonit yang sudah berumur sekitar 75 - 135 juta tahun, kemudian koleksi batuan berupa  batuan sedimen, dan metamorf. Ada juga peta tentang aneka kebudayaan bangsa Indonesia, juga peta dunia pada abad  15 - 17 Masehi dan peta Indonesia abad 16 Masehi, ada pula koleksi berbagai alat alat navigasi seperti kronometer, sextan, kompas, miniatur kapal( kapal Phinisi, Nade, Lete ) dan banyak lagi.
   3. Koleksi Prasejarah yang ada di Museum Nasional gajah  meliputi Berbagai jenis replika tengkorak manusia purba, mesolitik, neolitik, artefak paleolitik dan artefak logam atau paleometalik dan juga.
   4. Koleksi Numismatik dan keramik terdiri dari benda-benda seperti koin, uang kertas dan token yang pernah beredar, cap/setempel, dan amulet.
   5. Koleksi etnografi Museum Nasional menyajikan benda-benda atau hasil budaya dari suku-suku bangsa di seluruh Indonesia seperti ruang miniatur rumah adat, ruang tekstil, dan ruang khasanah emas etnografi.
   6. Koleksi Arkeologi di Museum Nasional terdiri dari arca Hindu Buddha, arca binatang, perhiasan, peralatan upacara, bagian bangunan, mata uang, prasasti, dan lain-lain. Koleksi  tersebut terbuat dari emas, perak, perunggu, batu, serta  tanah liat yang dibakar.

Jam Buka Museum
Selasa-Kamis: 08:30-14:30 WIBB                    
Jumat: 08:30-11:30 WIBB                         
Sabtu: 08:30-13:30 WIBB                        
Minggu: 08:30-14:30  WIBB
Tutup pada hari Senin dan hari libur Nasional/keagamaan  

Tiket
    Perorangan
    Dewasa: Rp 5.000,-
    Anak-anak: Rp 2.000,-
    Pengunjung rombongan (min. 20 orang)
    Dewasa: Rp 3.000,-
    Anak-anak (TK-SMA): Rp 1.000,
    Pengunjung Asing (Wisatawan Mancanegara): Rp 10.000.

Berikut adalah gambar-gambar Klenteng Sam Poo Kong - Semarang, klik saja gambarnya untuk memperbesar.


 

More aboutMuseum Nasional Gajah Di Indonesia

Kemegahan Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Diposkan oleh kaka dika on Friday, February 22, 2013


Klenteng Gedung Batu Sam Poo Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yaitu yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak didaerah Simongan, sebelah barat daya kota Semarang.

Klenteng Sam Po Kong selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Ada yang mengatakan nama ini dipakai karena asal mula tempat ini adalah sebuah gua batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Tetapi ada sebagian orang yang mengatakan bahwa sebenarnya asal kata yang benar adalah Kedong Batu, alias tumpukan batu-batu alam yang digunakan untuk membendung aliran sungai.

Masjid yang didirikan Cheng Ho beralih fungsi menjadi klenteng. Orang Indonesia keturunan China menganggap bangunan tersebut sebagai klenteng karena strukturnya yang berarsitektur China. Meskipun Laksamana Cheng Ho beragama Islam, masyarakat menganggapnya sebagai dewa. Menurut agama Kong Hu Cu, mereka menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan pada mereka.

Disebut gedung batu karena bentuknya merupakan sebuah Gua Batu besar yang terletak pada sebuah bukit batu. Orang Indonesia keturunan Cina menganggap bangunan itu adalah sebuah Klenteng , mengingat bentuknya berstruktur Cina sehingga mirip sebuah Klenteng. Sekarng tempat tersebut dijadikan tempat peringatan dan tempat pemujaan atau bersembahyang atau tempat untuk berziarah. Untuk kepreluan tersebut, didalam gua batu itu diletakan sebuah altar, serta patung-patung Sam Po Tay Dijen. Padahal Laksamana Cheng Ho adalah seorang Muslim, tetapi oleh mereka dianggap Dewa. Hal ini dapat dimaklumi mengingat agama Kong Hu Cu  atau Tao menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan kepada mereka.




Bangunan inti dari klenteng ini adalah sebuah gua batu dan merupakan tempat utama dari lokasi ini. Gua batu ini dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya saat berkunjung ke Pulau Jawa. Di dalamnya terdapat patung yang dipercaya sabagai patung Sam Poo Tay Djien atau Laksamana Cheng Ho. Di lokasi ini juga bisa dijumpai altar dan makam orang-orang kepercayaan Laksamana Cheng Ho saat di Jawa, yang sering pula dikunjungi pengunjung untuk berziarah. Gua yang memiliki mata air yang tak pernah kering ini dipercaya sebagai petilasan yang pernah ditinggali Sam Po Tay Djien (Zheng He).

Dengan sarana lahan parkir kendaraan yang cukup luas, baik untuk kendaraan pribadi maupun bis, semakin memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Disambut dengan tulisan besar SAM POO KONG dan gerbang dengan warna khas merah, para wisatawan berkewajiban untuk membayar retribusi masuk sebesar Rp 10.000,- per orang, ini untuk memasuki wahana lapangan luar klenteng, sedangkan bila ingin memasuki bangunan inti klenteng dan gua diwajibkan untuk membayar lagi sebesar Rp. 10.000,-, untuk parkir kendaraan pribadi dikenakan retribusi Rp. 3.000,-.

DI dalam klenteng, untuk memanjakan para pengunjung disediakan pakaian khas Tiongkok dari berbagai macam Dinasti dan corak untuk berfoto-foto ria, tetapi jelas tidak gratis, dikenakan bea sebesar Rp. 75.000,- untuk dua kali pengambilan gambar (shot).

Berikut adalah gambar-gambar Klenteng Sam Poo Kong - Semarang, klik saja gambarnya untuk memperbesar.


More aboutKemegahan Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Pantai Mabai Di Belitung

Diposkan oleh kaka dika on Wednesday, February 20, 2013


Objek wisata Pantai Mabai ini terletak di Desa Tanjung Tinggi Kecamatan Tanjung Pendam, objek wisata yang satu ini tak kalah menariknya karena Pantainya yang landai dan sangat indah. Diarea Pantai Mabai ini juga memiliki fasilitas Restoran yang menyediakan berbagai jenis makanan hasil Laut. Tidak jauh dari Pantai Mabai ini juga terdapat Hotel bintang tiga yang langsung menghadap pemandangan laut yang sangat indah yaitu Hotel Lor in,  Diadekat Area Pantai ini juga akan dibangun tempat bermain Golf bagi penggemar olahraga ini.

Pantai Mabai merupakan pantai yang tidak kalah menarik dengan pantai-pantai lain yang berada di Kepulauan Bangka Belitung karena Pantainya yang landai dan sangat indah. Di lingkungan area Pantai Mabai ini telah tersedia fasilitas Restoran yang menyediakan berbagai jenis makanan hasil Laut. Tidak jauh dari Pantai Mabai ini juga terdapat Hotel bintang tiga yang langsung menghadap pemandangan laut yang sangat indah yaitu Hotel Lor in, Diadekat Area Pantai ini juga akan dibangun tempat bermain Golf bagi penggemar olahraga ini.

Diarea Pantai Mabai ini juga memiliki fasilitas Restoran yang menyediakan berbagai jenis makanan hasil Laut. Salah satunya adalah kuliner khas Pulau Belitung yaitu Gangan! Sama seperti Pantai Tanjuntinggi, makan siang anda akan terasa sempurna karena saat anda makan siang sambil menikmati keindahan pemandangan laut biru nan indah berpantaikan putihnya pasir bak gula pasir. Tidak jauh dari Pantai Mabai ini juga terdapat Hotel Bintang Tiga yang langsung menghadap pemandangan laut yang sangat indah yaitu Hotel Lor In, ada lapangan golf di dekat area pantai ini, sangat cocok sekali bagi anda yang hobi bermain olah raga yang satu ini.

Perlu diketaui, Mabai, sebenarnya identik dengan restoran – yang sudah sangat terkenal sekali - setidaknya bagi orang Belitung sendiri. Mengambil nama yang sama, restoran disinipun terkenal dengan nama Restoran Mabai. Oleh karena itulah, bagi kebanyakan orang, Mabai lebih cenderung diidentikan dengan restorannya, bukan kepada pantainya. Dan mungkin saja saat anda sendiri yang berkunjung kesini akan memiliki definisi yang berbeda pula.


More aboutPantai Mabai Di Belitung

Pantai Teluk Uber Bangka

Diposkan oleh kaka dika on Tuesday, February 19, 2013


Pantai Teluk Uber terletak di Desa Rambak, Sungailiat, Bangka Belitung. Berjarak kurang lebih 40 kilometer dari Kota Pangkalpinang dan 3 kilometer dari Sungailiat. Keistimewaan Pantai Teluk Uber adalah suasananya yang masih sepi dan pesona alam yang masih perawan. Pengunjung bisa bersantai di hamparan pasir atau berenang dengan tenang, tanpa diganggu hiruk pikuk keramaian kota. Pada pagi hari, pemandangan Pantai Teluk Uber terasa lebih elok. Matahari terbit dari tengah laut dan melimpahkan sinarnya yang hangat ke arah pantai. 

Di tengah cahaya, laut terlihat jernih, berwarna biru kehijauan, kontras dengan hamparan pasir yang putih bersih. Keindahan ini terasa lebih sempurna lagi dengan puluhan perahu nelayan pemburu udang yang terlihat terombang-ambing di tengah laut. Pantai ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai-santai di atas batu, di akar pohon, atau di saung-saung kecil yang terbuat dari kayu sambil bercakap dan bersenda-gurau.

 Di musim - musim cuaca extrim, Pantai teluk uber ini memiliki gelombang yang relatif keci karena pantai ini terlindung oleh daratan yang menjorok kelaut serta batu - batu karang di depan pantai. Jadi bila anda ingin mandi , pantai ini bisa menjadi alternatif pilihan di cuaca ekstrim.
 

 Pantai teluk uber ini memiliki hotel dengan total kamar 14 kamar, hiburan malam & resto di pinggir pantai. selain menawarkan keindahan pantai & batu granitnya, di Pantai teluk uber ini kita bisa menikmati sunrise & sunset . Untuk sunrise anda bisa langsung menikmati di pantai di depan hotel. Namun untuk sunset anda harus berjalan lebih kurang 100 meter ke arah timur dari hotel.


Pantai teluk uber ini sangat unik, sangat bagus untuk di jelajahi. karena di sisi pantainya memiliki beberapa bukit - bukit tebing batu & terdapat batu - batu besar di sisinya. selain juga memiliki pasir pantai yang sangat lembut.

More aboutPantai Teluk Uber Bangka

RESEP PEPES MANGGA IKAN TONGKOL

Diposkan oleh kaka dika

PEPES MANGGA IKAN TONGKOL

BAHAN :
• 2 buah mangga mentah.
• 2 ekor ikan tongkol, sudah matang.
• 10 buah bawang merah.
• 4 siung bawang putih.
• 1 sdt gula merah.
• 1 sdt terasi matang.
• 4 – 8 cabai merah besar.
• 1/2 sdm minyak goreng.
• Daun pisang sucukupnya.

CARA MEMASAK PEPES MANGGA IKAN TONGKOL :
1. Semua bumbu dihaluskan, beri minyak dan mangga muda yang sudah diiris-iris memanjang.
2. Ambil selemoar daun pisang, beri marigga berbumbu, letakkan ikan tongkol di tengah dan tutup lagi
dengan manggu verbumbu. Bungkus yang rapi dan sematkan dengan lidi.
3. Kukus sampai matang. Bila akan dihidangkan bisa dipanggang dulu di atas api.


More aboutRESEP PEPES MANGGA IKAN TONGKOL

RESEP PINDANG KENARI

Diposkan oleh kaka dika on Sunday, February 17, 2013


 PINDANG KENARI
BAHAN :
• 1 kg ikan tongkol, dipotong menjadi 10
• 1 ons kenari, dihaluskan.
• Daun kenari.
• Sedikit asam.
• Garam secukupnya.
• Sedikit cuka.
• 7 buah bawang merah.
• 5 siung bawang putih.
• 5 buah cabai merah.
• 3 buah tomat.
• 1 ruas jahe.
• 1 ruas kunyit.
• 1 ruas lengkuas
• 2 batang serai.
• 1 sdt terasi.
• 2 lembar daun salam.
• 3 lembar daun jeruk purut.
• 1 buah terong.
• Kemangi secukupnya

CARA MEMBUAT PINDANG KENARI :
1. Semua bumbu dihaluskan, kecuali lengkuas, daun jeruk dan daun salam.
2. Panaskan minyak secukupnya, kemudian masukkan bumbu-bumbu halus dan tumis sampai kuning.
Lalu masukkan terong yang telah dipotong-potong beserta ikan tongkol.
Masukkan juga sedikit air dan asem yang sudah diperas dengan 3 sendok air.
3. Setelah ikan matang, masukkan kenari, 2 sendok teh cuka dan terakhir kemangi,
aduk-aduk hingga kenari tercampur rata.


More aboutRESEP PINDANG KENARI

Pantai Tanjung Bunga

Diposkan oleh kaka dika

 

Pantai Tanjung Bunga yang terletak di Ibu Kota Propinsi Kepulauan Bangka Belitung ini sempat menjadi kawasan tambang inkonvensional (TI), penambangan timah yang dikelola oleh masyarakat secara mandiri. Akibatnya, berbagai kerusakan terjadi di pantai ini. Seperti penambangan ilegal lainnya, di daerah ini kemudian muncul lubang – lubang bekas galian timah.

Pantai Tanjung Bunga berdekatan dengan kawasan pantai Pasir Padi, sekitar 2,5 km. Pada bagian arah kedarat Tanjung Bunga memiliki satu kawasan yang berbukit dengan panorama yang indah ke arah laut. Dan kita dapat menyaksikan hilir mudiknya kapal penumpang dan barang, yang keluar masuk pelabuhan Pangkalbalam.

Kawasan Pantai Tanjung bunga telah memiliki site plan sebagai kawasan wisata Tanjung Bunga dan TAC TOS ( Tanjung Bunga Circuit and Town Square). Keunikan kawasan Pantai Tanjung Bunga adalah terdapatnya batu-batu pantai yang tersusun, dan bagi para pecinta wisata minat khusus, lokasi Tanjung Bunga sangat cocok dalam petualangan dengan menyusuri pantai dan alam berbukit.

Pantai ini di dominasi oleh bebatuan berwarna kemerahan. Inilah yang memebedakan dengan pantai Pasir Padi yang landai dengan pasir kekuningan, maupun pantai Sampur. Di lokasi ini sesuai site plan nya akan dibangun TAC TOS ( Tanjung Bunga circuit and town square). Lokasi Pantai Tanjung Bunga juga sangat cocok dalam petualangan dengan menyusuri pantai dan alam berbukit.






More aboutPantai Tanjung Bunga

Pantai Pasir Padi

Diposkan oleh kaka dika


Pantai Pasir Padi berjarak 7 Km dari Pangkalpinang ibu kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Pasir Padi ini merupakan satu-satunya kawasan wisata paling ramai yang dikunjungi masyarakat kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memiliki karakteristik pantai berpasir putih dengan laut biru tenang. di pantai ini sinar pagi sang surya memancar indah setiap hari, sehingga banyak wisatawan baik dari daerah sekitar, dari berbagai daerah diluar pulau Bangka, bahkan dari mancanegara, mengunjungi pantai pasir padi.

Keunikan Pantai Pasir Padi yang memiliki garis pantai sepanjang 100 hingga 300 m adalah ombak yang tenang dan kontur pasir yang padat, putih dan halus. Oleh sebab itu, pantai ini nyaman untuk pejalan kaki bahkan dapat di lalui oleh kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua.
Pantai yang mempunyai pemandangan alam yang sangat indah ini berada tidak jauh dari Pulau Punan, yang dapat dikunjungi dengan berjalan kaki ketika air laut surut. Selain itu, juga terdapat Pulau Semujur dan Pulau Panjang yang berada sekitar 2,5 Km di perairan Pasir Padi.

Pantai kunjungan wisata yang paling digemari oleh semua tingkat usia ini sangat nyaman untuk mandi atau berjemur, karena kehangatan air lautnya, dan ketenangan ombaknya. Banyak kelompok pengunjung yang sengaja datang untuk bermain bola kaki di pantai. Bagi pemuda yang mempunyai sifat dinamis pantai ini merupakan surga untuk mengadu ketangkasan dan kecepatan bersepeda motor. Bahkan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sering menggelar balapan sepeda motor, sebagai penyaluran jiwa dinamis anak-anak muda penggemar kebut-kebutan di jalan raya. Menjelang senja banyak pengunjung datang sekedar untuk menikmati udara sore dan menyaksikan kemeriahan Pantai Pasir Padi. Pantai Pasir Padi sering menjadi tempat penyelenggara acara keagamaan seperti pechun dan acara-acara lainnya.


Untuk menunjang sektor pariwisata Pantai Pasir Padi, sejumlah akomodasi yang berupa hotel berbintang, dengan fasilitas lengkap, seperti restoran, dan ruang konferensi, pameran dan lain-lain, tersedia. Selain itu warung-warung tradisional yang menyajikan berbagai hidangan laut menambah variasi akomodasi pantai itu.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memang memiliki banyak pantai indah untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pasir Padi yang berjarak 7 km dari Kota Pangkalpinang.

Pantai Pasir Padi menghadap ke arah Laut Cina Selatan dan memiliki ombak laut yang tenang. Tak heran jika banyak wisatawan yang datang memilih untuk berenang atau sekadar berjemur.

Sejak saya masih SMA, pantai ini terkenal dengan sunrisenya yang sangat exotic. Sebagai anak Pangkalpinang, rasanya ada yang kurang jika belum menyaksikan matahari terbit di Pantai Pasir Padi secara langsung. Jadilah pagi itu, saya dengan sahabat tersebut pergi menelusuri jalanan Pasir Padi saat subuh.

Perjalanan kami tidak sia-sia, matahari di Pantai Pasir Padi muncul dengan cantiknya. Cahaya keemasannya membuat saya ingin kembali lagi melihatnya. Jika ingin melihat sunrise di pantai ini, sebaiknya datang saat musim panas, karena cahayanya akan lebih jelas terlihat.
Pantai Pasir Padi
Pantai yang paling terkenal di Pangkalpinang. Pasir Padi merupakan salah satu pantai menawan di Pulau Bangka. Terletak di desa air itam, Pangkalpinang dan hanya berjarak 8km dari pusat kota. Membuat pengunjung dari luar daerah atau mancanegara, baik yang tiba melalui Bandara Depati Amir maupun Pelabuhan Pangkalan Balam, bisa langsung mengunjungi .



Pasir Padi merupakan salah satu pantai menawan di Pulau Bangka. Terletak di desa air itam, Pangkalpinang dan hanya berjarak 8km dari pusat kota. Membuat pengunjung dari luar daerah atau mancanegara, baik yang tiba melalui Bandara Depati Amir maupun Pelabuhan Pangkalan Balam, bisa langsung mengunjungi pantai ini.
Pasir Padi merupakan tempat wisata pantai yang paling ramai dikunjungi di hari libur. Pantai yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan tersebut menawarkan sejumlah panorama alam yang indah. Hamparan pantainya yang luas, kadang sampai 300 meter, ombak yang tenang membuat pantai ini sangat nyaman untuk berenang dan mandi.

Seperti kebanyakan pantai lain yang menawan di seantero Pulau Bangka, Panorama Pasir Padi dijamin akan membuat pengunjung berdecak kagum. Di bagian selatan pantai ini ada Pantai Tanjung Bunga. Nah, bagi Anda yang ingin menikmati pesona pantai ini tidak perlu takut kesasar karena rambu penunjuk arah ke obyek wisata sudah terpasang di beberapa tempat.

Sebagai pantai favorit masyarakat Pangkalpinang dan sekitarnya, objek wisata pasir padi telah dilengkapi oleh berbagai fasilitas penunjang. Tidak jauh dari pintu masuk pantai terdapat restaurant seafood yang terkenal. Ada juga hotel berbintang dua, dan sejumlah warung makanan dan minum. Di pantai ini bahkan sudah tersedia tempat hiburan karaoke dan diskotek yang terletak persis di pinggir pantainya.

Tidak hanya itu, dari Pasir Padi ini Anda juga bisa menyewa kapal kecil untuk berlayar menikmati keindahan dua pulau kecil; Pulau Panjang dan Pulau Semajun. Kedua pulau tersebut hanya berjarak dua mil dari bibir pantai. Pulau Panjang dihuni oleh beberapa keluarga nelayan.
Bagi Anda yang belum sempat menikmati makanan seafood di restaurant pasir padi, Anda tak perlu khawatir. Karena di pulau kecil ini Anda juga bisa menikmati masakan makanan laut, dari ikan-ikan segar, kepiting, dan sebagainya.

More aboutPantai Pasir Padi

RESEP PEPES IKAN TENGIRI

Diposkan oleh kaka dika on Saturday, February 16, 2013


PEPES IKAN TENGIRI
BAHAN :
• 1 ekor ikan tengiri segar.
• 1/2 butir kelapa.
• 2 siung bawang putih.
• 5 buah bawang merah.
• 2 buah cabai hijau.
• 15 buah cabai merah.
• 1 sdt ketumbar.
• 1 lembar daun jeruk purut,
• Garam secukupnya.

CARA MEMBUAT PEPES IKAN TENGIRI :
1. Ikan tengiri dibersihkan, buang jerohan dan insangnya, lalu potong menjadi beberapa bagian.
2. Cabai hijau dibuang isinya, diiris serong.
Cabai rawit dibuang tangkainya, potong menjadi beberapa bagian.
3. Kelapa diparut dijadikan 1 gelas santan.
4. Bawang merah dan bawang putih dihaluskan bersama ketumbar, jeruk purut dan garam.
5. Bumbu-bumbu yang dihaluskan campur dengan irisan cabai hijau, cabai rawit,
potongan ikan tengiri dan santan. Aduk hingga rata.
6. Adonan ikan tengiri tersebut bungkus dengan daun pisang menurut takaran yang dikehendaki.
Kukus sampai matang.
7. Hidangkan. Sangat cocok disertai sayur bayam bening.

More aboutRESEP PEPES IKAN TENGIRI

Candi Muara Takus

Diposkan oleh kaka dika


Candi ini berada di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, jaraknya kurang lebih 135 km dari Kota Pekanbaru. Jarak antara komplek candi ini dengan pusat desa Muara Takus sekitar 2,5 kilometer dan tak jauh dari pinggir sungai Kampar Kanan.

Menurut pengembara china I-Tsing Candi Muara Takus sangat erat kaitannya dengan kerajaan Sriwijaya dan ia menyebutkan bahwa ibukota Sriwijaya berada disuatu tempat dimana pada tengah tidak telihat bayangan sesorang yang berdiri (kemungkinan terletak tepat di garis khatulistiwa)

 
Candi Muara Takus Ditemukan pada tahun 1860 oleh Cornet De Groot dimana hasil temuannya dituangkan dalam sebuah tulisan yang berjudul “KOTO CANDI”, setelah ditemukan Literatur dari Cornet De Groot dipublikasikan oleh banyak peneliti dari luar negeri, dari penelitian tersebut terungkap bahwa sesungguhnya kerajaan Sriwijaya berada di Muara Takus Provinsi Riau tidak seperti perkiraan sebelumnya yang berada di Sumatera Selatan.

 ASAL MUASAL NAMA MUARA TAKUS

Muara Takus berasal dari nama sebuah anak sungai yang bermuara ke Batang Kampar Kanan. Menurut Duta Besar Singapura yang pernah berkunjung k Muara Takus pada tahun 1977 menyatakan bahwa Muara takus terdiri dari dua kata yaitu "Muara" dan "Takus", menurut pendapatnya "Muara" berarti tempat dimana sebuah sungai mengakhiri alirannya ke laut atau sungai yang lebih besar, sedangkan "Takus" berasal dari Bahasa China yang artinya : TA = besar, KU = Tua, SE = Candi. Jadi arti keseluruhannya  adalah Candi Tua yang besar yang terletak di Muara Sungai

Candi Muara Takus merupakan candi terbesar di Sumatera. Stupa candi ini tidak lazim seperti candi aliran Budha lainnya. Umumnya Stupa candi - candi Budha berbentuk lonceng duduk. Lokasi wisata ini terletak sekitar 135 km dari kota Pekanbaru.

Kompleks candi ini dikelilingi tembok berukuran 74 x 74 meter. Sementara candi itu sendiri berukuran 7 x 7 meter.

Di luar areal kompleks, terdapat pula tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer yang mengelilingi kompleks ini sampai ke pinggir sungai Kampar Kanan.

Candi Muara Takus merupakan candi penganut agama Buddha. Ada yang berpendapat bahwa candi ini peninggalan agama Buddha yang datang dari India karena bentuknya mirip dengan Candi Acoka yang ada di India. Namun ada pula yang berpendapat bahwa ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

Komplek Candi Muara Takus merupakan satu-satunya peninggalan sejarah yang berbentuk candi di Riau.


More aboutCandi Muara Takus

RESEP SUP IKAN TOMAT

Diposkan oleh kaka dika on Friday, February 15, 2013


SUP IKAN TOMAT
BAHAN :
400 gr tomat, potong-potong
1 buah bawang bombay, cincang
1 sendok makan margarin
1 siung bawang putih, cincang
2 buah maggi blok
1000 cc air
50 gr vermicelli, rebus lalu tiriskan
300 gr brokoli, siangi, seduh dengan air mendidih, lalu tiriskan
300 gr udang tanpa kulit

BOLA BOLA IKAN :

200 gr daging ikan, cincang
1 potong roti tawar tanpa kulit
1/2 sendok makan air jeruk nipis
3 sendok makan krim
garam, merica, dan pala secukupnya

CARA MEMASAK BOLA-BOLA IKAN :
1. Campurkan semua bahan. Jika terlalu lembek, masukkan ke dalam almari pendingin
supaya adonan bisa dipulung.
2. Bentuk bulatan sebesar kelereng.

SUP :
1. Tumis bawang putih sampai kuning, masukkan bawang Bombay dan tomat, lalu tumis sampai layu.
2. Larutkan maggi blok dengan air. Masukkan bahan yang ditumis ke dalam larutan maggi
dan masak sampai empuk.
3. Saring rebusan sayur sambil ditekan-tekan agar halus atau masukkan rebusan ke dalam blender.
4. Didihkan kembali, lalu masukkan bola-bola ikan, udang, merica. dan garam.
Terakhir masukkan vermicelli.


More aboutRESEP SUP IKAN TOMAT