Kuliner Jambi

Diposkan oleh vera Dika on Friday, November 2, 2012

Jambi adalah nama salah satu provinsi yang ada di pulau sumatra dengan kota jambi sendiri menjadi ibu kota provinsinya. provinsi yang terdiri dari 9 kabupaten dan 2 kota ini tentunya memiliki banyak sekali makanan, minuman dan jajanan khas yang tentunya tidak kalah nikmat dengan yang ada di provinsi lain.

Disini saya akan mencoba menghadirkan semua makanan khas jambi baik berupa jajanan, minuman atau makanan "berat". Tetapi karena keterbatasan kami sendiri, maka kami akan menghadirkannya sedikit demi sedikit dan semoga ini tidak mengecewakan anda.
A. Tempoyak


Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri). Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan.

B. Gulai tepek ikan

Salah satu kuliner khas Jambi yang patut anda cicipi adalah Gulai Tepek Ikan. Gulai Tepek Ikan yang berbahan dasar ikan gabus ini merupakan makanan bersejarah dan hanya dihidangkan pada momen penting, seperti perkawinan, kenduri, acara adat dan jamuan menyambut tamu istimewa. dan selain gulai tepek ikan ini jambi juga memiliki tempoyak sebagai kuliner khas yang lain.

C. Sup tulang


Sup tulang ini, kuahnya bening dan ditaburi daun bawang serta bawang goreng. Daging sapinya empuk dan terasa lezat, sebenarnya mirip sup iga. lama merebus daging kira-kira 4-5 jam, makanya daging bisa terasa empuk. Sop Tulang ini sangat mantap kali disantap dengan nasi putih diwaktumengalami hujan lebat Sumber.

Artikel Terkait :
Kuliner Aceh Darussalam

Kuliner Sumatra Barat 
Kuliner Sumatra Utara 
Kuliner Riau
Kuliner Sumatra Selatan
Kuliner Bengkulu
Kuliner Lampung
Kuliner Bangka Belitung
Kuliner Banten
Kuliner Jakarta
Kuliner Jawa Barat
Kuliner Jawa Tengah
Kuliner Yogyakarta
Kuliner Jawa Timur
Kuliner Bali
Kuliner Nusa Tenggara Barat
Kuliner Nusa Tenggara Timur
Kuliner Kalimantan Barat 
Kuliner Kalimantan Tengah
Kuliner Kalimantan Timur
Kuliner Kalimantan Selatan
Kuliner Sulawesi Selatan
Kuliner Sulawesi Barat
Kuliner Sulawesi Tenggara
Kuliner Sulawesi Utara
Kuliner Sulawesi Tengah
Kuliner Gorontalo
Kuliner Maluku
Kuliner Papua

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment