kuliner Sulawisai Barat

Diposkan oleh vera Dika on Saturday, November 10, 2012

Nich para sobat tina-tinu ku postingan kuliner Sulawisai Barat dinikmatin ya artikelnya kalau sobat maw tanya koment dbawah trimakasih :

A. Kuliner Loka Anjoroi


Loka Anjoroi merupakan panganan yang berbahan baku pisang yang menjadi panganan khas suku Mandar. Pisang yang digunakan sebaiknya pisang Raja. Pembuatan panganan ini cukup mudah, pisang dengan kulitnya cukup direbus sampai matang. Setelah matang, kupas kulit pisang dan rebus kembali daging pisang menggunakan santan kental.Untuk menambah rasa gurih, berikan garam secukupnya. Pastikan santan tercampur dengan pisang, lalu angkat. Kelezatan Loka Anjoroi terasa jika disantap selagi hangat.

B. Kuliner Golla Kambu


Golla Kambu terbuat dari gula merah yang dicampur dengan beras ketan dan ditambah dengan kacang.Saat ini sudah terdapat 2 macam rasa, yaitu rasa durian dan kelapa.Panganan ini sangat cocok dimakan untuk sarapan. Anda dapat meneuinaya di pasar-pasar atau kios-kios makanan di kota Poliwali Mandar.Dengan pengolahan yang baik, Golla Kambu dapat bertahan berhari-hari meskipun tanpa bahan pengawet.

C. Kuliner Ikan Terbang

Masyarakat pesisir yang berjarak 135 kilometer dari ibukota Mamuju, telah mengembangkan wisata kuliner di sepanjang jalur Trans Sulawesi. Senin, di lingkungan Labuan, di lokasi itu terlihat masyarakatnya  menawarkan obyek wisata  dengan menyajikan menu tradisional yakni ikan terbang yang diasap dengan makanan khasnya "Jepa" salah satu jenis  makanan dari tanaman umbi-umbian yang diolah menjadi makanan siap saji.
   
Makanan tradisional Mandar yang dikembangkan oleh masyarakat pesisir itu sudah berlangsung sejak satu tahun terakhir dan bahkan telah menuai hasil karena mampu menyerap tenaga kerja hingga ratusan orang Sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment