Kuliner Riau

Diposkan oleh vera Dika on Friday, November 2, 2012

Makanan khas riau - Masakan Khas Riau tetap memiliki ciri khas dibandingkan masakan daerah lain. Seperti salah satu masakan khas Riau berupa Sambal terung Asam. Kuliner ini juga terdapat di Kalimantan. Lalu gulai asam pedas ikan patin mungkin juga dapat ditemukan daerah Sumatra lainnya.

Berikut daftar menu kuliner.

A. Makanan

1. Gulai Asam Pedas Ikan Patin


Gulai Asam Pedas Ikan Patin sangat pas dinikmati ketika disajikan hangat-hangat, apalagi sepiring gulai Ikan Patin berkuah kuning pekat dengan potongan-potongan besar, Daging ikan patin yang lembut terasa dilidah disaluti dengan bumbu masakan yang meresap kedalam daging ikan. Gulai ikan patin ini akan lebih terasa nikmat rasanya ketika dipadukan dengan nasi putih yang akan mengenyangkan perut.
Resep utama Gulai Asam Pedas Patin berupa cabe kampung dan kandis asam kandis, sehingga masakan ini sangat terasa pedas serta asam oleh karena itu disebut dengan gulai asam pedas.

2.  Gulai Belacan Udang


Masakan dan makanan Khas Riau memang tidak jauh beda dengan makan khas, kuliner, di beberapa daerah Indonesia seperti Sumatera Barat, Kalimantan, serta saudara mudanya Kepulauan Riau. Walaupun memiliki kesamaan bentuk dan warna, Masakan Khas Riau tetap memiliki ciri khas dibandingkan masakan daerah lain. Seperti salah satu masakan khas Riau berupa Gulai Belacan. Kalau anda orang Melayu Riau pasti tidak asing lagi dengan sambal belacan ini.

3. sambal Terung Asam


Sambal Terung Asam merupakan Masakan Khas Riau yang selalu menjadi hidangan “aksesori” bagi orang-orang Melayu di Riau, khususnya Melayu kepulauan dan-orang Melayu pantai Timur Sumatra. Jika Anda pernah mencoba Sambal Terung Asam sebelumnya, dengan melihatnya saja bisa-bisa Anda-akan menelan air ludah karena memang rasanya yang-taman, Asam ditambah pedas merangsang seleranya yang-menyengat lidah.
4. Bacah Daging,
 Bacah Daging adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Riau. Kuliner yang satu ini berbahan utama daging khas dalam dengan rasa yang nikmat dan ini sama dengan bahan utama untuk pembuatan rendang, kuliner khas sumatra lain tepatnya padang Sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment