Kuliner Bangka Belitung

Diposkan oleh vera Dika on Tuesday, November 6, 2012

Setiap daerah propinsi di Indonesia Selalu menawarkan keunikan kuliner yang beraneka ragam. Apa nama dan  jenis makanan, jajanan atau masakan khas yang berasal dari Bangka Belitung?

A. Lempah kuning

Makanan ini merupakan masakan khas dari Pulau Bangka. Bahan dasar untuk pembuatan makanan ini dari bahan ikan laut atau dapat juga menggunakan bahan daging. Bumbunya terdiri dari bermacam bumbu dapur seperti diantaranya kunyit, bawang merah dan putih serta lengkuas dan terasi atau belacan yang juga khas berasal  dari daerah Bangka.
B. Getas atau Keretek


Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan dan terigu yang dibuat dengan berbagi bentuk yang rasanya hampir sama dengan kerupuk.

C. Rusip


Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang sebelum pembuatannya dicuci hingga bersih dan ditiriskan secara steril lalu dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Agar aromanya menjadi harum dan wangi ditambahkan gula kabung. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apapun. Dahulu saat proses pembuatan adonan makanan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit. Suhu ruangan harus benar benar dijaga. Makanan ini dapat dimasak dulu atau dimakan langsung dengan lalapan.

E. Otak-otak


Otak-otak adalah makanan dari Malaysia, Singapura, dan Indonesia yang terbuat dari ikan (biasanya tengiri) dibungkus oleh daun pisang dan dipanggang.Kota selatan Malaysia, Muar terkenal dengan otak-otaknya. Di Indonesia sendiri otak-otak banyak dijumpai di beberapa daerah seperti pantai utara Jawa Otak-otak dibuat dari ikan yang diambil dagingnya, dihaluskan dan dibumbui. Selanjutnya daging ikan tersebut dimasukkan lagi kedalam kulit ikan yang kemudian direbus atau dipanggang dalam balutan daun pisang. Makanan ini dapat dimakan tersendiri atau ditemani dengan saus asam pedas.

F. Martabak Bangka

Martabak Bangka tentu sudah tak asing lagi ditelingi Anda. Ya…, Martabak Bangka merupakan salah satu makanan khas Bangka yang cukup terkenal. Saat ini martabak Bangka sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.Salah satu tempat Martabak Bangka yang cukup terkenal, adalah Martabak Acau 89.

Lokasi Martabak Acau 89
Jl. Mayor Syafrie Rahman
Pangkal Pinang Deretan Bank BRI

D. Calok


Makanan Calok terbuat dari udang kecil yang masih segar yang disebut dengan udang cencalo/rebon. Proses
pembuatannya udang dicuci bersih terlebih dulu dan dicampur dengan garam sebagai pengawet agar tahan lebih  lama. Makanan Calok sangat cocok sebagai teman lauk nasi yang masih hangat dengan lalapan ketimun, tomat dan sayuran segar lainnya. Jenis makanan khas lainnya yang juga berasal dari Bangka Belitung adalah Belacan, Tembiluk, Kempelang, Kerupuk Bangka, Lempah Darat, Empek-empek Bangka, Lakso, Tempoyak, Bergo, Otak-otak, Laksan, Otak-otak, Sambellingkung, Martabak Bangka atau Kue Van De Cock/Hok Lo Pan, Lempok yaitu makanan sejenis dodol.

Artikel Terkait :
Kuliner Aceh Darussalam

Kuliner Sumatra Barat 
Kuliner Sumatra Utara 
Kuliner Riau
Kuliner Jambi
Kuliner Sumatra Selatan
Kuliner Bengkulu
Kuliner Lampung
Kuliner Bangka Belitung
Kuliner Banten
Kuliner Jakarta
Kuliner Jawa Barat
Kuliner Jawa Tengah
Kuliner Yogyakarta
Kuliner Jawa Timur
Kuliner Bali
Kuliner Nusa Tenggara Barat
Kuliner Nusa Tenggara Timur
Kuliner Kalimantan Barat 
Kuliner Kalimantan Tengah
Kuliner Kalimantan Timur
Kuliner Kalimantan Selatan
Kuliner Sulawesi Selatan
Kuliner Sulawesi Barat
Kuliner Sulawesi Tenggara
Kuliner Sulawesi Utara
Kuliner Sulawesi Tengah
Kuliner Gorontalo
Kuliner Maluku
Kuliner Papua

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment