Kuliner Yogyakarta

Diposkan oleh vera Dika on Wednesday, November 7, 2012

Kali ini kami rekomendasikan makanan khas jogja yang wajib anda cicipi ketika berkunjung ke kota Gudeg. Tidak seperti makanan sumatra dan didaeah lainya , kebanyakan makanan di Yogyakarta adalah bercita rasa manis, namun justru disitulah letak ciri khasnya. Daftar makanan berikut kami sertakan berdasarkan pembelian yang berkali-kali dari tahun ke tahun oleh wisatawan karena kepopulerannya di jogja .
Terpopulernya :

1. Makanan :

A. Gudeg

Gudeg Rasanya manis dan gurih, dan ada sedikit pedas bila dimakan dengan krecek, Biasanya terbuat dari nangka (kalau di Jogya dikenal dengan sayur gori) yang dimasak berjam-jam hingga berwarna coklat, dicampur dengan areh santan dan ditambah sayur krecek dengan lauknya suwiran (potongan) daging ayam atau telor bebek. Kalau pagi mudah ditemukan para penjual gudeg di sudut-sudut jalan untuk sarapan pagi.

B. Sate Kalthak


Walau sama menggunakan daging kambing, tapi pengolahan sate ini berbeda dibandingkan dengan sate-sate lainnya. Jika biasanya sate kambing dibumbui kecap sebelum dibakar, sate klathak ini malah minim bumbu, cukup garam saja bumbunya. Tusukannya pun tidak menggunakan tusuk kayu sebagaimana lazimnya tusuk sate, tapi menggunakan jeruji sepeda yang terbuat dari besi.

C. Oseng-oseng mercon


Oseng-oseng mercon adalah   masakan sandung lamur dan otot sapi yang diracik dengan menggunakan resep pedas dari cabai rawit dengan perbandingan daging 5 dan cabai 1 sehingga  akan terasa pedas bagi lidah yang menikmatinya. Namun sebagaimana lazimnya masakan Jogja, oseng-oseng mercon ini masih ada rasa manisnya karena racikan resepnya menggunakan gula jawa disamping rempah-rempah dan cabai rawit.

D. Brongkos


Brongkos adalah masakan khas Yogyakarta yang paling jarang merantau keluar daerahnya. Sepintas mirip rawon, namun lebih tebal kuahnya karena dimasak dengan santan, dan bumbu-bumbunya pun lebih lengkap. Kehadiran kacang tolo dan tahu di dalam sajian ini pun membuatnya makin berbeda dari rawon.

E. Nasi Kucing


Nasi Kucing boleh dikatakan sebagai sebuah tempat makan yang berisi beraneka jenis makanan ringan, seperti nasi lauk, berbagai macam gorengan dari tempe mendoan, bakwan, tahu isi, kepala ayam, dll. Berbagai menu sate : sate usus, sate kerang, sate cakar ayam, sate paru, dll, berbagai macam menu baceman seperti, tempe & tahu bacem dan masih banyak menu makanan ringan yang lainnya. Berbagai menu cemilan tadi akan semakin mantap karena disajikan bersamaan dengan berbagai aneka minuman & wedang, seperti, es teh, es jeruk, teh hangat, kopi, wedang jeruk, wedang jahe original, jahe susu.

F. Tiwul


Panganan yang satu ini asli dari Gunung Kidul, rasanya juga manis dan gurih. Dahulu, tiwul dikenal sebagai panganan yang identik dengan kemiskinan karena daerah Gunung Kidul yang tidak subur sehingga warga setempat kesulitan menghasilkan sumber makanan pokok, kecuali hanya menanam singkong, namun sekarang tiwul menjadi makanan universal yang siapa saja menyukainya. Tiwul terbuat dari singkong yang dijadikan gaplek, kemudian baru diolah jadi tiwul. Biasanya disantap dengan sayur, tetapi sekarang kebanyakan disajikan dengan parutan kelapa karena sering juga dibuat oleh-oleh.

2. Minuman

A. Wedang uwuh


Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Wedang uwuh disajikan panas/hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang Uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.


B. Wedang Ronde

Wedang Ronde (atau sering disingkat hanya "ronde") merupakan minuman tradisional asli dari Jawa selain jamu dan dawet. "Wedang" dalam Bahasa Jawa berarti "minuman". Sedangkan Ronde adalah adonan khusu yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan-bulatan dan dibagian dalamnya berisi kacang yang dihancurkan. Untuk membentuk Wedang Ronde, adonan ronde ini dicelupkan ke dalam air jahe yang masih panas
Dua komponen tersebut (air jahe dan ronde) adalah bahan utama pembentuk Wedang Ronde.

3. Jajanan :

 A.  Bakpia pathok

Kue ini sering dibeli orang untuk oleh-oleh dari Jogja. Rasanya manis, dibuat dari adonan tepung yang diisi dengan kacang hijau, tetapi sekarang lebih bervariasi ada juga yang diisi keju atau coklat. Daerah yang terkenal bakpianya tentu saja Pathok yang biasa dikenal dengan bakpia Pathok, letaknya di sebelah barat Malioboro, atau di jalan KS. Tubun. Kami sarankan untuk membeli bakpia pathok 75, atau Bakpia Merlino yang rasanya dikenal paling enak.




B. Geblek


Geblek adalah makanan yang banyak di jumpai di daerah Kulon Progo. Rasa makanan yang satu ini berbeda dengan lainnya karena rasanya gurih dan sedikit asin. Terbuat dari tepung singkong dan dibumbui. Makannya nikmat sewaktu hangat kalau sudah dingin agak kenyal. Geblek yang masih mentah punya kelebihan yaitu dapat bertahan sampai 4 hari.

C. GEPLAK
Bagi para penderita gula darah tinggi, kue yang satu ini mesti dihindari karena rasanya manis sekali. Sebagaimana kebanyakan makanan khas Jogja, saking manisnya, sebaiknya tidak berlebihan memakannya karena akan terasa eneg di kerongkongan dan perut. Bahan aslinya dibuat dari serutan kelapa dan gula jawa. Kalau dijajakan di kios oleh-oleh biasanya paling mencolok di mata karena warnanya warna-warni.

Artikel Terkait:
Kuliner Aceh Darussalam

Kuliner Sumatra Barat 
Kuliner Sumatra Utara 
Kuliner Riau
Kuliner Jambi
Kuliner Sumatra Selatan
Kuliner Bengkulu
Kuliner Lampung
Kuliner Bangka Belitung
Kuliner Banten
Kuliner Jakarta
Kuliner Jawa Barat
Kuliner Jawa Tengah
Kuliner Yogyakarta
Kuliner Jawa Timur
Kuliner Bali
Kuliner Nusa Tenggara Barat
Kuliner Nusa Tenggara Timur
Kuliner Kalimantan Barat 
Kuliner Kalimantan Tengah
Kuliner Kalimantan Timur
Kuliner Kalimantan Selatan
Kuliner Sulawesi Selatan
Kuliner Sulawesi Barat
Kuliner Sulawesi Tenggara
Kuliner Sulawesi Utara
Kuliner Sulawesi Tengah
Kuliner Gorontalo
Kuliner Maluku
Kuliner Papua

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment