Kuliner Jakarta

Diposkan oleh vera Dika on Tuesday, November 6, 2012

MAKANAN khas Jakarta dikenal memiliki rasa yang gurih dan cukup menarik sebagai . Makanan-makanan itu diantaranya :

A. Makanan

a. Ketoprak

 Ketoprak adalah salah satu jenis makanan khas Indonesia dengan menggunakan ketupat yang mudah dijumpai. Biasanya ketupat dijajakan menggunakan kereta dorong di jalan-jalan atau di kaki lima.
Komponen utamanya adalah tahu, bihun, ketimun, tauge dan bisa juga pakai telur rebus yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Dapat pula dihidangkan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Beberapa versi ada pula yang menyertakan tempe sebagai komponennya.

B. Kerak Telor

Kerak telor memiliki rasa yang gurih. Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat kerak telor yaitu beras ketan putih, telur ayam atau bebek, udang yang digoreng kering, bawang merah goreng, kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir. Rasa gurih pada kerak telor bersumber dari campuran udang, bawang merah, kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, dan gula pasir.

C. Gabus pucung


Jangan ngaku orang Jakarta kalau tak kenal gabus pucung. Ya, meskipun hidangan khas Betawi berwarna butek kehitaman sekilas tak menarik mata. Namun rasa gabus pucung yang gurih, asin, segar dengan semburat pedas sungguh nikmat di tiap gigitannya.

B. Minuman

a. Selendang mayang


Selendang mayang ini bukan milik Mayang Sari, artis yang sedang jadi bahan pemberitaan tabloid gosip dan infotainment. Ini adalah kudapan tradisional khas Betawi. Rasanya manis, gurih, sedikit asin, dan semakin segar ketika diberi batu es. Sayangnya, es selendang mayang ini sudah jarang ditemui.

C. Jajanan

a. Kembang Goyang

Sama seperti kerak telur, camilan khas Betawi ini juga sudah mulai jarang ditemui. Padahal rasanya yang gurih cukup menarik untuk dijadikan sebagai teman minum teh. Tidak percaya? Coba cari snack tersebut di pasar, lalu jadikan teman minum teh. Apabila tidak menemukan penjualnya, Anda dapat membuat sendiri. Siapkan tepung beras, gula, telur, santan, minyak goreng, dan cetakan kembang goyang. Kocok telur dan gula hingga lembut.

2. Roti Buaya
Makanan khas DKI jakarta ini sering di jumpai saat ada upacara lamaran. Makanan dengan bentuk buaya ini penciptaannya terinspirasi dari kebiasaan buaya yang hanya menikah sekali sepanjang hidupnya. Oleh karena iti roti buaya sering dijadikan sebagai simbol kesetiaan pasangan yang telah menikah. Roti buaya ini biasanya selalu hadir di setiap acara pernikahan adat Betawi.




3. Kue Rangi



Kue khas Betawi itu kini jarang ditemui. Meski demikian, beberapa resto mulai menawarkan kembali hidangan tersebut. Kue rangi atau biasa disebut sagu rangi terbuat dari tepung kanji dicampur dengan kelapa yang diparut kasar. Dahulu, orang memanggang kue rangi dengan memanfaatkan api yang berasal dari kayu bakar atau arang. Alhasil, kue tersebut menjadi lebih wangi. Jika ingin mencicipinya, Anda juga dapat membuatnya sendiri.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment