Kuliner Sumatra Utara

Diposkan oleh vera Dika on Friday, November 2, 2012

Sumatra utara adalah salah satu provinsi di indonesia yang di huni oleh banyak sekali suku yang berbeda-beda. ini menjadikan medan adalah salah satu provinsi multi etnis yang ada di inidonesia. karena banyaknya suku yang ada menjadikan banyak sekali kuliner khas yang ada di medan. medan dari dulu memnag sudah terkenal sebagai provinsi yang memiliki beragam kuliner khas.
diantanya kuliner itu adalah :

A. Makanan:
1. Arsik ikan

Arsik ikan mas itu bersantan tapi bukan gulai. Rasanya bukan pedas, tetapi getir dan asam karena adanya andaliman dan asam galugur. Selain andaliman, yang bikin khas adalah BAWANG BATAK. Ada juga yang menambahkan susu kerbau ke dalam masakan ini. Kalau ke Medan, banyak rumah makan Batak yang menyajikan menu ini.

B. Minuman
1. Toge Panyabungan


Sebuah jajanan kuliner khas Mandailing, tepatnya berasal dari Panyabungan, ibukota Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Panganan segar yang konon identik dengan bulan puasa ini memiliki rasa yang khas dan sangat lezat. Apalagi kalau dicampur dengan tape maka rasanya pasti akan semakin nikmat.

2. Teh susu telur

Minuman khas medan ini sangatlah nikmat di nikmati saat badan terasa capek, namanya adalah TST (teh susu telur). Seperti namanya TST terbuat dari teh susu dan telur untuk itu resep untuk membuat TST sangatlah mudah dan simpel, jadi silahkan anda mencobanya dan disini saya hadirkan resep lengkap dengan cara membutnya

C. Jajanan:
1. Bika ambon


Bika ambon merupakan kue berwarna kuning dengan tekstur yang legit tetapi berlubang-lubang. Kue ini tidak menggunakan tepung terigu sebagai komponen utamanya, tetapi tepung sagu. Kue ini cocok dimakan sebagai teman minum teh. terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat.

2. Ombus-ombus


Ombus-ombus ala Siborongborong adalah penganan sebangsa lepat  dalam bahasa Batak disebut lappet yang biasanya terbuat dari tepung ketan; sama seperti ditulis seorang istri pada teras cerita di atas. Tapi khusus ombus-ombus bermerek Ombus-ombus Nomor 1, lain ceritanya; bukan dari ketan biasa seperti disangka orang selama ini dan inilah rahasia kenapa kue yang satu ini tetap nomor 1 dan rasanya lain dari kue sejenis Sumber.

Artikel Terkait :
Kuliner Aceh Darussalam

Kuliner Sumatra Barat 
Kuliner Riau
Kuliner Jambi
Kuliner Sumatra Selatan
Kuliner Bengkulu
Kuliner Lampung
Kuliner Bangka Belitung
Kuliner Banten
Kuliner Jakarta
Kuliner Jawa Barat
Kuliner Jawa Tengah
Kuliner Yogyakarta
Kuliner Jawa Timur
Kuliner Bali
Kuliner Nusa Tenggara Barat
Kuliner Nusa Tenggara Timur
Kuliner Kalimantan Barat 
Kuliner Kalimantan Tengah
Kuliner Kalimantan Timur
Kuliner Kalimantan Selatan
Kuliner Sulawesi Selatan
Kuliner Sulawesi Barat
Kuliner Sulawesi Tenggara
Kuliner Sulawesi Utara
Kuliner Sulawesi Tengah
Kuliner Gorontalo
Kuliner Maluku
Kuliner Papua

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment