Kuliner Banten

Diposkan oleh vera Dika on Tuesday, November 6, 2012

Disini sobat saya share beberapa makanan kuliner asli dari Banten oce langsung saja :

 A. Sate Bandeng

Bila Anda jalan-jalan ke Serang, Banten dan ingin mencari oleh-oleh sebagai buah tangan untuk dibawa pulang, mungkin makanan yang satu ini perlu jadi pilihan,  Sate Bandeng yang amat popular itu dibuat di rumah-rumah pengrajin di kota Serang. Sate Bandeng memiliki kelebihan di banding sajian ikan yang lainnya, yang akan mengundang pembeli untuk selalu mendapatkannya jika sedang berkunjung ke serang. Sate bandeng merupakan makanan khas Banten. Berbeda dengan ikan bandeng biasa, daging sate bandeng empuk dan tidak bertulang. Karena kekhasannya, sate bandeng menjadi oleh-oleh dari Banten.

B. Kue Apem

Kue apem terbuat dari tepung beras dan tape singkong. Rasanya nikmat jika dicampur dengan gula merah atau sirop. Orang melahapnya saat berbuka puasa. Karena itu, pembuatan kue ini dilakukan hanya selama bulan puasa. Menurut Dati, pembuatan kue apem putih di Cimanuk itu sudah turun-temurun dan ia tidak mengetahui secara pasti sejak kapan kue ini mulai populer.

C. Laksa Tangerang


Laksa Tangerang beda dengan laksa betawi atau malaysia. Laksa disini bahan utamanya adalah semacam bihun tapi tebalnya kayak spaghetti dan terbuat dari beras.  Kemudian disiram sama kuah laksa yang dimasak dari kacang ijo, kentang, santan, kaldu ayam. Disediakan juga tambahan daging ayam kampung atau telor. Sebelum disajikan diberi taburan daun kucai yang dirajang kecil-kecil. Ada dua macam jenis laksa tangerang, Laksa nyai dan laksa nyonya. Laksa Nyai dibuat oleh kaum pribumi tangerang sedangkan laksa nyonya dibuat oleh kaum peranakan china di Tangerang.

D. Emping Menes

Emping Menes Pandeglang Banten telah terkenal sejak dahulu kala dengan cita rasa dan aroma yang khas berbeda dari emping manapun di Tanah Air. Dibuat dari biji melinjo pilihan dan diolah oleh tangan-tangan terampil secara tradisional yang diperoleh secara turun temurun. Tersedia berbagai jenis olahan seperti emping mentah dan ceplis/kaceprek.

E. Nasi Sumsum 


Bentuk nasi dari teksturnya lebih empuk dan lebih kenyal. Butirannya tidak gandeng seperti ketupat atau lontong, tapi mirip nasi goreng yang terpisah. Bedanya, rasa nasi sumsum merata di semua bagiannya. Nyaris tak ada satu butir pun yang tak terkena bumbu seperti yang sering kita dapati kalau menyantap nasi goreng. Agar nasi sumsum empuk dan kenyal, sebelumnya baik nasi maupun sumsum masing-masing dikukus terlebih dahulu. Baru kemudian keduanya dicampur dan diaduk hingga merata. Setelah itu, campuran nasi dan sumsum ini, dibungkus dengan daun pisang, tak lupa diselipi satu potongan batang sereh di tiap bungkusnya. Daun sereh memberikan aroma wangi pada nasi sumsum-nya.

F. Nasi Uduk Plus Empal

Makanan yang satu ini emang banyak di temui di sepanjang jalan kota serang apalagi arah ke pasarlama dari sumur bor wuiih banyak bgt, tapi ada satu yang paling favorite yaitu Nasi Uduk Mas Joni, seporsi 12ribuan, yang khas di mas Joni ada emping diameternya kira-kira 20cm gede bgt tapi guriiihnya bkin ketagihan, apalagi di siram pake kecap.
F.  Gerem Asem


Gerem Asem adalah masakan has Banten yang sangat maknyus. Rasa pedas campur asem pada masakan ini sangat menyegarkan. Gerem asem sangat maknyus untuk di nikmati saat panas, siap-siap saja keringat mengucur di sekujur tubuh.
Tidak semua daerah di banten familiar dengan gerem asem. Masakan ini sangat di gemari di daerah kabupaten serang tepatnya sekitar Pontang Sumber.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment